Beranda Peristiwa Warga Banjar Pandeglang Digegerkan Penemuan Granat Nanas

Warga Banjar Pandeglang Digegerkan Penemuan Granat Nanas

Tim Gegana Polda Banten mengamankan lokasi penemuan granat nanas yang ditemukan warga

PANDEGLANG – Warga Kampung Cikeper, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten digegerkan penemuan granat nanas di area perkebunan karet di wilayah tersebut. Granat tersebut pertama kali ditemukan oleh warga sekitar saat mencari ikan di Sungai Cijepuh.

Indra Alfalah selaku warga yang menemukan granat itu pertama kali menuturkan bahwa sekitar pukul 09.00 WIB dirinya sedang mencari ikan di Sungai Cijepuh dengan cara merapat menggunakan tangan ke dasar sungai.

Pada saat itu, dirinya menemukan sebuah lubang dan meraba lubang tersebut buntuk menemukan ikan yang bersembunyi di tempat itu. Namun pada saat tangannya masuk ke lubang tersebut menemukan sebuah benda dan pada saat diangkat ternyata benda itu merupakan sebuah Granat Nanas.

“Pas lagi mau cari ikan, lagi ngegogo (tangan sedang merogoh sebuah lobang) di bawah batu besar ada sebuah benda yang menghalangi. Terus pas diambil dan diangkat ternyata sebuah granat, bukan batu kecil,” kata Indra, Rabu (6/7/2023).

Usai mengetahui bahwa benda tersebut merupakan granat nanas ia pun lantas melaporkan penemuan itu ke Babinsa Koramil Banjar. Ia pun mengaku kaget saat mengetahui jika benda tersebut masih aktif dan bisa saja meledak.

“Pas tahu itu granat saya kaget dan takut. Jadi sangat berbahaya bisa mengancam keselamatan nyawa saya. Pas tahu tadi saya tambah merasa takut dan bersyukur selamat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Indra mengaku, akan lebih berhati – hati lagi saat mengambil ikan di aliran sungai. Ternyata daerah Banjar ini masuk daerah yang dulunya bermukim orang Belanda yang mengelola perkebunan karet.

“Tapi saya sendiri enggak tahu itu granat peninggalan kapan. Tahunya masih aktif dan berbahaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Banjar, IPTU Dadan mengaku langsung melaporkan penemuan granat ke pimpinan agar segera dikirim tim penjinak bom dari Polda Banten. Tidak berselang lama, Tim Penjinak Bom dari Polda Banten langsung datang ke lokasi.

Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Tim Gegana Polda Banten memutuskan untuk meledakan Granat Nanas tersebut di lokasi ditemukannya.

“Ahamdulilah granat sejenis nanas sudah diledakkan jam 12.30 WIB. Alhamdulilah situasi di TKP, aman dan kondusif,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News