Beranda Kesehatan Vaksin Covid-19 Aman, Tapi Bukan Tidak Mungkin Ada Efek Sampingnya

Vaksin Covid-19 Aman, Tapi Bukan Tidak Mungkin Ada Efek Sampingnya

Ilustrasi - Gatra.com

SERANG – Vaksin penangkal Covid-19 didistribusikan ke beberapa daerah, yang artinya hanya membutuhkan izin dari pemerintah agar vaksin dapat digunakan.

Namun sayangnya, hingga kini masih banyak masyarakat yang mempertanyakan keamanan dari vaksin Covid-19 secara umum.

Vaksin yang sudah menyelesaikan uji klinis fase akhir dan hasilnya terbukti membawa manfaat yang lebih besar daripada bahaya potensial dari penyakit Covid-19, dinilai aman.

Dokter darurat dan direktur dari Brown-Lifespan Center for Digital Health di Brown University, Megan Ranney, MD, MPH, mengatakan bahwa peneliti memantau perkembangan peserta uji klinis.

Setiap peserta sakit, dirawat di rumah sakit, atau bahkan meninggal, peneliti akan menyelidiki apakah kasus tersebut berkaitan dengan vaksin yang mereka dapatkan.

Umumnya, uji coba vaksin akan melibatkan dewan pemantau independen yang terdiri dari orang-orang yang tidak berkaitan dengan studi vaksin tersebut.

“Satu-satunya tugas mereka adalah memastikan bahwa obat (vaksin) itu aman,” jelas Ranney, dilansir Suara.com (Jaringan BantenNews.co.id).

Namun, penting untuk dicatat bahwa ‘aman’ tidak berarti ‘tanpa efek samping’. Sebaliknya, menurut Ranney, vaksin dianggap aman apabila tidak menyebabkan masalah kesehatan yang buruk serta serius.

“Vaksin ‘tidak aman’ adalah yang menyebabkan kerusakan permanen atau serius, hal-hal yang mengubah kondisi seseorang (menjadi lebih buruk),” sambungnya.

Kerusakan yang dimaksud juga termasuk perubahan kesuburan, menyebabkan masalah neurologis, atau justru memicu infeksi baru.

Efek samping dari vaksin ‘aman’ biasanya ringan, misalnya kelelahan, sakit kepala, hingga nyeri lengan.

Bahayanya, masyarakat secara keliru menganggap masalah kesehatan yang terjadi secara kebetulan setelah vaksinasi disebabkan oleh vaksin.

Padahal, kenyataannya orang hampir selalu sakit. Jadi, mungkin ada kasus ketika seseorang mengalami masalah kesehatan dalam beberapa waktu, baik mereka divaksin atau tidak.

“Kita bisa mengalami hal-hal yang terjadi secara kebetulan,” kata Penny Ward, dari King’s College London, kepada BBC.

Ia menambahkan bahwa adalah keamanan vaksin virus corona ini telah dipantau dalam waktu lama setelah vaksin disetujui, untuk melihat apakah ada masalah kesehatan yang tidak diketahui.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News