Beranda Kampus Untirta Raih Penghargaan Sebagai Kampus Peduli Literasi dari IKAPI

Untirta Raih Penghargaan Sebagai Kampus Peduli Literasi dari IKAPI

Untirta merah penghargaan dari IKAPI sebagai kampus Peduli Literasi. (Ade/Bantennews)

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) memberikan penghargaan kepada Untirta sebagai Kampus Peduli Literasi.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen dan kontribusi Untirta dalam memajukan budaya literasi di wilayah Banten.

Pemberian penghargaan ini bertepatan dalam Festival Hari Buku (Harbukfes) 2024 yang diselenggarakan di Gedung Laboratorium Untirta Sindangsari, Senin (13/5/2024).

Festival ini merupakan salah satu bentuk upaya Untirta untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda.

Rektor Untirta Prof. Fatah Sulaiman mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas penghargaan yang diraih oleh Untirta.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Untirta dalam memajukan budaya literasi di Banten. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas program literasi di Untirta agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat,” ujarnya.

Untirta memang dikenal sebagai salah satu kampus yang aktif dalam kegiatan literasi. Berbagai program literasi telah digagas dan dilaksanakan oleh Untirta, seperti pendirian Kampung Literasi di Desa Sindangheula; pelatihan menulis kreatif, seminar dan workshop literasi, penerbitan buku dan jurnal.

Komitmen Untirta, kata Rektor terhadap literasi juga terlihat dari jumlah mahasiswa yang aktif dalam kegiatan literasi seperti Unit Kegiatan Kampus (UKM). Komunitas-komunitas ini sering mengadakan kegiatan seperti diskusi buku, bedah buku, dan lomba menulis.

Upaya Untirta dalam memajukan budaya literasi ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dari IKAPI RI. Wakil Ketua IKAPI Wahyu Rinanto mengatakan bahwa Untirta merupakan salah satu kampus yang paling aktif dalam kegiatan literasi di Indonesia.

“Untirta telah menjadi contoh bagi kampus-kampus lain dalam memajukan budaya literasi,” ujarnya.

Penghargaan yang diraih oleh Untirta itu, ia berharap, menjadi motivasi bagi Untirta untuk terus meningkatkan kualitas program literasinya.

Ia juga berharap dapat mendorong kampus-kampus lain di Indonesia untuk lebih aktif dalam kegiatan literasi. (*)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News