Beranda Pendidikan Universitas Tangerang Raya Gelar Festival Bulan Bahasa 2024

Universitas Tangerang Raya Gelar Festival Bulan Bahasa 2024

Suasana kegiatan di Universitas Tangerang Raya dalam rangkaian Gelar Festival Bulan Bahasa 2024. (istimewa)

TANGERANG – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima PBSI) Universitas Tangerang Raya (Untara) menyelenggarakan Festival Bulan Bahasa 2024.

Kegiatan ini mengusung tema Simfoni Bahasa: Bahasaku, Bahasamu, Bahasa kita semua pada Minggu 27 Oktober 2024 di aula Universitas Tangerang Raya.

Festival Bulan Bahasa 2024 terdiri dari rangkaian acara lomba, seminar Bahasa, dan bedah buku “Aksara-aksara Lugu” karya Kubah Budaya. Lomba-lomba diikuti oleh siswa-siswa di Kabupaten Tangerang, mahasiswa Untara, dan mahasiswa di luar Untara. Lomba yang diadakan yaitu lomba baca puisi, lomba debat Bahasa, lomba cipta puisi, dan lomba cipta cerpen.

Rangkaian acara ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Budi Setiawan, Dekan FKIP Untara Fidiatun Adiyan, Ketua Prodi PBSI Untara Rifa’atussalwa Hayati, dosen-dosen PBSI Untara, dan Penyair dari Kubah Budaya. Selain itu, acara Festival Bulan Bahasa ini disponsori FreshCare dan Oh My Glam (OMG).

Firda Pebriyanti selaku ketua panitia mengatakan, ada 55 peserta yang mengikuti seluruh lomba dan 220 peserta seminar Bahasa dan bedah buku “Aksara-aksara Lugu”. Ia pun meyebutkan acara ini diselenggarakan sebagai wadah bagi seluruh peserta lomba untuk mengasah kemampuan dalam bidang Bahasa dan sastra Indonesia.

Selain rangkaian lomba, pada Festival Bulan Bahasa juga diadakan seminar Bahasa yang berjudul “Komunikasi dan Etika Berbahasa di Era Generasi Z”. Seminar ini diisi oleh Wahyu Arya, penulis dan owner BantenNews.co.id sebagai pembicara dan Widya Gusvita, dosen PBSI Untara sebagai moderator.

Acara bedah buku “Aksara-aksara Lugu” karya penyair Kubah Budaya yang dibahas oleh Eka Ugi Sutino yang merupakan Sastrawan dan Dosen Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Indra Rasyid Julianto, dosen sastra Untara.

Ratusan peserta yang hadir antusias berdiskusi tentang Bahasa pada generasi Z. Bukan hanya seminar dan bedah buku, pada acara ini penyair Kubah Budaya seperti Arundanu Katong dan Irwan Sofwan turut serta membacakan puisi karya-karya mereka.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan pemenang lomba dan pembagian hadiah. Pemenang lomba baca puisi yaitu Helfin Saputra Zebuah, Siti Nur Aliyah dan Adinda Saminah S. Pemenang lomba debat yaitu mahasiswa Untara (Kayla, Harini, dan Indah), SMA Atisa Dipamkara (Mars Lionel, Felice, dan Stephanus), dan mahasiswa Untirta (Siti Fatmala, Asterina, dan Anisa). Pemenang lomba cipta cerpen yaitu Henni Afta (SMAS Mandiri Balaraja), Putri (SMAN 27 Kab. Tangerang), dan Jeni (SMAN 27 Kab. Tangerang). Serta pemenang lomba cipta puisi yaitu Risna (SMKN 4 Kab. Tangerang), Iis (Untara), dan Cheryl (SMA Atisa Dipamkara). (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News