Beranda Uncategorized Ternyata Ini Penyebab Ribuan Warga Kota Serang Tergolong Miskin Ekstrem

Ternyata Ini Penyebab Ribuan Warga Kota Serang Tergolong Miskin Ekstrem

Ilustrasi - foto istimewa perkim.id

SERANG – Sebanyak 8.799 orang di Kota Serang, Banten tergolong dalam kategori warga miskin ekstrem. Hal itu berdasadkan catatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Kepala Dinsos Kota Serang Toyalis mengungkapkan, menurut catatan tersebut sebanyak 46 ribu kepala keluarga (KK) di Kota Serang masuk kategori masyarakat miskin. Dari angka itu, 8.799 di antaranya masuk kategori miskin ekstrem.

“Saat ini, masyarakat miskin di Kota Serang tercatat di angka 46 ribu KK, 8.799 di antaranya masuk dalam kategori miskin ekstrem. Data ini diambil dari Menko PMK, saat ini sedang diverifikasi ulang di lapangan oleh Dinsos Kota Serang,” ucapnya, Jumat (8/9/2023) seperti dilansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Toyalis menjelaskan, penyebab kemiskinan ekstrem di kotanya itu lantaran minimnya lapangan pekerjaan. Masyarakat kategori miskin ekstrem tersebut tersebar di Kecamatan Taktakan dengan jumlah 2.000 KK, Kasemen 1.600 KK, Curug 1.500 KK, Serang 1.300 KK, Walantaka 1.200 KK, dan Cipocok 1.000 KK.

“Faktornya karena minimnya lapangan pekerjaan, jadi tidak punya pemasukan, tidak punya penghasilan, walaupun ada hanya cukup untuk makan saja,” katanya.

Saat ini, Toyalis bersama timnya tengah melakukan pendataan terkait dengan masyarakat kategori miskin ekstrem. Data itu akan digunakan apabila nanti ada bantuan dari pemerintah.

Menurut Toyalis, bantuan yang ada dapat segera disalurkan karena Dinsos telah memiliki data masyarakat miskin ekstrem.

“Dinsos hanya melakukan validasi dan verifikasi. Jika ada bantuan, datanya ada di kita. Jadi kita hanya memastikan saja,” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News