Beranda Pemerintahan Tanamkan Minat Baca, DPAD Punya 30 Perpustakaan Tersebar di Wilayah Kota Tangerang

Tanamkan Minat Baca, DPAD Punya 30 Perpustakaan Tersebar di Wilayah Kota Tangerang

Warga Kota Tangerang saat membaca buku di salah satu Perpustakaan - foto istimewa

TANGERANG – Dalam upaya menumbuhkan minat membaca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang mendirikan Perpustakaan yang tersebar di seluruh wilayah di Kota Tangerang. Perpustakaan ini juga berkolaborasi dengan masyarakat sekitar, agar pemanfaatannya bisa tepat sasaran.

Kepala DPAD Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi menjelaskan selain perpustakaan yang ada di Kantor DPAD Kota Tangerang, adapula perpustakaan yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Sejak 2018, tercatat sudah ada 30 perpustakaan yang ada di Kota Tangerang dibawah binaan DPAD Kota Tangerang.

“Pendirian perpustakaan ini berawal dari inisiasi masyarakat sekitar yang ingin memiliki tempat membaca dan belajar. Kami DPAD mendukung itu dengan memberikan fasilitas berupa peminjaman buku yang dibutuhkan, pembinaan dalam pengelolaan perpustakaan, serta tunjangan sebesar Rp300 ribu per bulannya yang diberikan setiap satu triwulan,” jelas dia dalam keterangannya, Kamis (10/8/2023).

Lanjutnya, Ia mengatakan perpustakaan ini bisa dikunjungi oleh masyarakat sekitar tanpa dipungut biaya atau gratis. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin mendirikan perpustakaan di wilayahnya bisa berkoordinasi dengan RT/RW setempat, dan selanjutnya akan diteruskan ke Kelurahan dan Kecamatan setempat. Setelah itu, DPAD akan melakukan pembinaan dan penyediaan kebutuhan untuk perpustakaan.

“Harapannya dengan adanya perpustakaan di lingkungan sekitar masyarakat di Kota Tangerang, dapat menumbuhkan kembali minat baca, khususnya bagi anak-anak. Sehingga tidak ada lagi masalah jarak harus ke Perpustakaan Daerah atau harus menunggu Perpustakaan Keliling ke wilayahnya. Dengan adanya perpustakaan ini juga bisa sebagai tempat bermain yang edukatif dan positif bagi mereka,” harap Engkos.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News