Beranda Pendidikan Setelah 14 Tahun, Kantor Bahasa Banten Bakal Segera Miliki Gedung

Setelah 14 Tahun, Kantor Bahasa Banten Bakal Segera Miliki Gedung

Peletakan batu pertama pembangunan gedung KBPB. (IST)

SERANG – Kantor Bahasa Provinsi Banten (KBPB) akan segera memiliki gedung baru. Setelah hampir 14 tahun lalu terbentuk, KBPB selama ini berpindah-pindah kantor milik mitra lembaga.

Kepastian pembangunan gedung baru ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung, di Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Banten, Rabu (11/9/2024). Hadir dalam acara ini sejumlah pejabat dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kepala DPUPR Banten Arlan Marzan, perwakilan dari unsur Forkopimda Banten dan Kota Serang, tokoh masyarakat.

Kepala KBPB Asep Juanda mengatakan, proses lelang pembangunan gedung ini berlangsung sejak Agustus lalu dan kini langsung dilaksanakan. Asep berharap pembangunan gedung ini memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Ini bukan hanya tempat kami bekerja tapi ke depan bisa memberikan layanan kepada masyarakat, baik masyarakat umum, masyarakat, profesional maupun calon profesional,” ujarnya.

Dikatakan, 60-70 persen gedung ini akan difungsikan sebagai ruang layanan.

“Sasaran kami adalah penutur bahasa dan sastra. Nanti ada ruang pertunjukan, pembinaan literasi, pembinaan bahasa dan sastra, dan ruang uji kemahiran bahasa Indonesia. Ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kami kepada masyarakat. Setiap tahun UKBI sekitar 10.000 siswa/mahasiswa yang mengikuti,” ujarnya.

Asep berharap pembangunan ini mendapat dukungan semua pihak agar suksesnya pembangunan gedung. “Berharap pembangunan tepat guna, tepat mutu, dan tepat waktu. Gedung ini akan dibangun tiga lantai selama empat bulan,” ujarnya.

Triyantoro, Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa Kemendikbudristek menyatakan proses pembangunan tidak hanya dapat disesuaikan oleh penyedia atau kontraktor. “Tapi perlu dukungan dari masyarakat sekitar, aparatur pemerintah daerah, termasuk TNI/Polri.

Kami ingin kantor ini memiliki manfaat bagi masyarakat di Provinsi Banten,” ujarnya.

(ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News