Beranda Hukum Satgas Pangan Kabupaten Serang Temukan Penyakit Ringan Menjangkiti Hewan Kurban

Satgas Pangan Kabupaten Serang Temukan Penyakit Ringan Menjangkiti Hewan Kurban

Satgas Pangan monitoring hewan kurban. (ist)

SERANG – Satgas Pangan Polres Serang bersama tim dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Serang melaksanakan Pengecekan kesehatan hewan kurban.

Dalam kegiatan yang sama petugas gabungan juga mengecek kondisi kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha 2024 mendatang.

Petugas berfokus pada monitoring penyakit yang rentan menyerang hewan kurban di wilayah Kabupaten Serang. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu 1 Juni 2024 di Kecamatan Ciruas, Kecamatan Pontang Kabupaten Serang.

Hadir dalam kegiatan monitoring yakni Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Serang Yuli Saputri, Kepala UPTD Puskeswan Intan, Kasubagtu Puskeswan Sujai, Penyuluh Dinstan Kabupaten Serang dan jajaran dari Polres Serang yakni Ipda Aqlizar Akbar Saidi, Aipda Lupianto, Bripka Hunayaen, Bripka Epriansyah, Bripka Henny.

Petugas mendatangi lapak kambing di Ciruas Nambo Desa Ciruas Kecamatan Ciruas. Lokasi lain di lapak kambing dan sapi Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.

Juga di lapak kambing dan sapi Kampung Babadan Desaa Kubang Puji Kecamatan Pontang. Lalu di lapak kerbau Desa Kubang Puji Kecamatan Cikande Kabupaten Serang.

“Berdasarkan monitoring dan pengecekan di beberapa lapak, Satreskrim Polres Serang beserta Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Serang tidak menemukan hewan kurban yang mengalami penyakit serius. Hanya penyakit-penyakit ringan saja seperti mata merah dan penyakit ORS,” kata Kapolres Serang AKBPP Chondro Sasongko melalui siaran tertulis.

Dalam kesempatan yang sama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Serang mengimbau kepada pemilik lapak agar tetap mengecek kebersihan. Menggunakan cairan disinfektan untuk mengantisipasi adanya virus.

Distanak juga mengimbau agar pemilik lapak sigap apabila ada hewan kurban yang terpapar penyakit untuk segera menghubungi Distanak Kabupaten Serang. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News