Beranda Pendidikan Ratusan Mahasiswa Ikut Kompetisi Debat Tingkat Nasional di Untirta

Ratusan Mahasiswa Ikut Kompetisi Debat Tingkat Nasional di Untirta

Peserta kompetisi debat mahasiswa yang digelar Untirta. (IST)

SERANG – Ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia mengikuti Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional  2023 di Kampus Untirta di, Selasa (12/9/2023). Kompetisi yang berlangsung sepekan ini melibatkan 113 tim peserta. Setiap tim terdiri atas 3 mahasiswa.

Hadir dalam pembukaan ini Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi Plt Kepala Puspernas Hendarman dan Rektor Untirta Fatah Sulaiman.

Rektor Untirta Fatah Sulaiman menyampaikan bahwa peserta kompetisi berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia menunjukkan keragaman dalam hal pemikiran dan gaya berdebat. Mereka berlomba bukan hanya untuk meraih gelar juara, tetapi juga untuk membuktikan kemampuan berdebat yang telah mereka kembangkan selama ini.

“Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang persaingan, tetapi juga peluang untuk memperluas jaringan sosial dan pengetahuan bagi para peserta. Debat yang mengangkat isu-isu penting dalam masyarakat seperti pendidikan, lingkungan, dan teknologi, menciptakan platform untuk dialog intelektual yang bermakna,” ujarnya.

Ia mengatakan KDMI tingkat nasional tahun 2023 di Kampus Untirta adalah bukti nyata bahwa debat mahasiswa di Indonesia semakin berkembang dan relevan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan kompetisi ini akan terus tumbuh dan menghasilkan generasi mahasiswa yang lebih kompeten dalam berdebat serta berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Salah seorang peserta, Miko dari dari kampus Universitas Tidar Magelang mengaku senang dengan mengikuti debat nasional ini. Karena ini menjadi ajang untuk membuktikan kemampuannya berpikir kritis. “Saya dan dua teman saya optimis bisa juara nasional, meskipun lawan terberat kami UGM. Kami harus yakin juara,” ujarnya. (adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News