Beranda Olahraga PSSI Tegas Tolak Permintaan Bahrain soal Pindah Venue di Luar Indonesia

PSSI Tegas Tolak Permintaan Bahrain soal Pindah Venue di Luar Indonesia

Pemaim Timnas Indonesia Vs Bahrain - Foto istimewa detik.com

JAKARTA – PSSI merespons pernyataan Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) yang meminta laga melawan timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 digelar di tempat netral atau di luar Indonesia. BFA menyatakan akan mengajukan permintaan tersebut kepada FIFA dan AFC. Mereka menyoroti masalah keamanan.

Kekhwatiran Bahrain ini muncul karena mereka diserang habis-habisan oleh netizen Indonesia usai insiden kontroversial yang dipicu wasit Ahmed Al Kaf. Wasit asal Oman itu dianggap memihak ke Bahrain selaku tuan rumah ketika menjamu timnas Indonesia yang berakhir dengan skor 2-2 pada 10 OKtober lalu. Sebab, wasit memperpanjang durasi injury time dari enam menit ke sembilan menit tanpa alasan yang jelas padahal skuad Garuda unggul 2-1. Bahrain lalu bisa menyamakan kedudukan saat injury time sudah berjalan sembilan menit.

Keputusan kontroversial itu membuat warganet geram dengan menyerang wasit serta akun media sosial BFA. PSSI yang diwakili oleh Exco Arya Sinulingga mengatakan dengan tegas menolak permintaan Bahrain. Federasi akan menjamin keamanan Dilmun Warriors saat tandang ke Indonesia.

“Kita akan buat surat ke AFC yang menyatakan supaya pertandingan fair, maka tetap di Jakarta karena sebelumnya kan tandingnya di Bahrain. Yang kedua, kita juga akan memberi tahu bahwa kita akan menjamin keamanan dan kenyamanan bagi tamu kita seperti di Bahrain,” ucap Arya dikutip dari Antaranews.

“Soal di sosmed ya, namanya, kadang-kadang memang netizen-netizen Indonesia itu ramai, tetapi sebenarnya mereka ramah itu dan baik-baik,” lanjutnya.

Arya mencontohkan keamanan Indonesia terbukti sukses karena pernah menggelar ajang internasional seperti Piala Dunia U-17 2023 silam.

“Apalagi kita sudah membuktikan kok pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 dan terselenggara dengan baik,” beber Arya.

Adapun laga leg kedua antara timnas Indonesia vs Bahrain dijadwalkan pada 25 Maret 2025 tahun depan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News