Beranda Peristiwa Proyek Pelebaran Jalan di Kota Serang Terkendala Tiang

Proyek Pelebaran Jalan di Kota Serang Terkendala Tiang

Proyek pelebaran Jalan Ayip Usman, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang.

SERANG – Sejumlah tiang listrik masih terlihat pada proyek pelebaran di sejumlah titik di Kota Serang. Salah satunya terlihat di Jalan Ayip Usman, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Pantauan pada ruas Jalan Raya Petir-Serang, Cipocok Jaya, Kota Serang sejumlah tiang masih berdiri kokoh dan belum dipindah meski pekerjaan pelebaran jalan sudah dimulai.

Kondisi tersebut membuat pengendara kekhawatir, terutama ketika melintas pada malam hari. Suhendi pengguna jalan, mengungkapkan keprihatinannya.

Ia mengatakan pelebaran jalan yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan mengurangi kemacetan seharusnya menjadi langkah positif bagi perkembangan Kota Serang. Namun, tiang-tiang yang tidak dipindahkan dari jalur proyek justru menambah risiko kecelakaan dan membingungkan pengendara.

“Ini sangat berbahaya, terutama bagi pengendara motor. Tiang-tiang ini seharusnya sudah dipindahkan sebelum proyek dimulai,” ujarnya, ditemui di lokasi, Kamis (12/9/2024).

Proyek pelebaran Jalan Ayip Usman, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Pengendara lain, Haris, menambahkan, “Tiang-tiang ini mengganggu, tidak maksimal fungsi pelebaran jalan. Harapannya cepat dilakukan pergeseran tiang, karena tidak estetik dan mengganggu arus lalu lintas.”

Jamal, warga sekitar, juga mengeluhkan situasi ini. “Apalagi ini jalan ramai, jadi mengganggu arus lalu lintas. Sepertinya pemerintah kurang koordinasi. Selain itu, kabel-kabelnya semrawut dan pernah ada insiden mobil kontainer tersangkut kabel tiang listrik,” ujarnya.

Ia juga mencatat bahwa penerangan jalan minim, dengan beberapa lampu PJU yang padam.

Lebih lanjut, Jamal mengungkapkan bahwa jalan ini sering menjadi arena balap liar pada malam hari dan pernah menjadi lokasi tawuran pelajar. “Ini sangat mengkhawatirkan bagi kami sebagai warga,” tambahnya.

Ia berharap pihak berwenang segera mengambil tindakan untuk memindahkan tiang-tiang tersebut demi keselamatan pengguna jalan. “Saya berharap agar proyek ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi Kota Serang,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Banten, Arlan Marzan mengaku telah mengundang pihak terkait yang mengurusi tiang-tiang pada pelebaran jalan Raya Petir-Serang, Cipocok Jaya dan Ayip Usman.

Pihaknya telah melakukan sosialiasi agar tiang-tiang pada ruas tersebut bisa dipindah. Kata dia, berdasarkan keterangan pihak terkait, keberadaan tiang pada kedua ruas tersebut nantinya akan dipindahkan secara bertahap.

“Tanggal 8 Juli sudah diundang sosialisasi, termasuk PLN dan Telkom, dan bertahap mereka sudah mindahkan tiangnya. Jadi tahapannya, mereka pasang tiang yang baru. setelah itu baru mindahkan kabelnya,” jelas Arlan.

Meski begitu, dirinya tidak menampik jika keberadaan tiang pada pelebaran jalan tersebut tidak segera dipindah, dikhawatirkan dapat membahayakan bagi pengguna jalan yang melintasinya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News