SERANG– Perpustakaan Daerah (Perpusda) Banten menggelar sosialisasi literasi Gerakan Banten Membaca di SMAN 3 Kota Cilegon. Rabu (22/11/2023).
Kegiatan itu bertujuan untuk menggemakan gemar membaca kepada para siswa-siswi di Banten. Diharapkan para siswa kemudian dapat menjadikan membaca buku sebagai kebiasaan.
Hadir sebagai pemateri dalam acara tersebut yaitu Redaktur BantenNews.co.id Qizink La Aziva dan Guru Sejarah SMAN 3 kota Cilegon Ahmad Muttaqin.
Pemateri pertama, Qizink La Aziva memaparkan materi mengenai pentingnya serta dampak literasi dalam kehidupan.
Menurut Qizink, “capaian” peringkat 1 Banten sebagai provinsi dengan angka pengangguran tinggi erat kaitannya dengan literasi atau minat baca yang kurang.
“Problemnya apa? Cita cita saja tidak tahu karena gatau udah lulus mau jadi apa. Gatau mau jadi apa karena kita kurang membaca,” kata Qizink.
Setelah membaca, penting juga untuk kemudian menuangkan pemahaman dari bacaan ke bentuk tulisan. Qizink menekankan jika kegagalan pun bisa dituliskan untuk pembelajaran bagi orang lain.
“Jarang orang belajar dari kegagalan siapa tau kegagalan kalian jadi pelajaran buat orang lain. Semua keberhasilan berawalnya dari literasi,” imbuhnya.
Pemateri kedua, Ahmad Muttaqin menyampaikan materi menyampaikan pentingnya menulis artikel opini dan essay.
Menurut Ahmad setelah membaca hal selanjutnya yang penting dilakukan adalah menuangkan gagasan dari buku bacaan menjadi tulisan berupa opini atau artikel. Hal itu dapat berupa protes atau menawarkan perspektif baru.
Hal lainnya kata Ahmad bahwa dalam menulis Opini perlu sudut pandang yang unik dan belum pernah diangkat sebelumnya agar tulisan kemudian menarik pembaca.
Ia mencontohkan jika tulisan seperti “Soekarno dan Marhaenisme” atau “Soekarno dan Islam” sudah banyak yang menulis. Tapi, jika mengambil sudut pandang lain seperti “Soekarno dan 9 Istrinya” itu merupakan sudut pandang yang tidak umum dan menarik.
“Dalam menulis opini penting untuk memiliki sudut pandang yang jelas. Angle yang belum pernah terangkat,” kata Ahmad.
(Dra/red)