Beranda Peristiwa Peringati World Cleanup Day, Banksasuci dan Pemkot Tangerang Bersihkan Sungai Cisadane

Peringati World Cleanup Day, Banksasuci dan Pemkot Tangerang Bersihkan Sungai Cisadane

Banksasuci dan Pemkot Tangerang Bersihkan Sungai Cisadane - foto istimewa

TANGERANG – Dalam rangka memperingati World Cleanup Day, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan DPUPR berkolaborasi bersama Banksasuci Foundation dan melibatkan relawan hingga mahasiswa, melaksanakan aksi bersih-bersih Sungai Cisadane, mulai dari bantaran hingga aliran sungai, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini, mengusung konsep mulai dari sungai, sebelum numpuk di pantai. Beragam sampah pun berhasil diangkut, dan hasilnya didominasi sampah plastik, sedotan, bungkus rokok dan styrofoam.

Direktur Banksasuci Foundation, Ade Yunus mengungkapkan ini bukan aksi satu hari, namun world cleanup day, world cleanup everyday. Pasalnya, Banksasuci bersama Pemkot Tangerang rutin melakukan giat pembersihan, patroli hingga penindakan pencemaran pada Sungai Cisadane.

“Namun, pada momen ini dengan aksi pembersihan Sungai Cisadane, kami berharap semua orang akan menyadari bahwa pencemaran sampah pada sungai merupakan tanggungjawab semua pihak. Khususnya Sungai Cisadane yang mengairi beberapa wilayah, berarti menjadi tanggungjawab kita semua dari hulu hingga hilir,” ungkap Ade.

Ia pun menjelaskan, dalam urusan sampah harus diperkuat tiga pilar, yakni aksi membersihkan, mendidik dan mengubah perilaku. “Kami terus berupaya mendorong berbagai pihak untuk mengubah perilaku, pengurangi penggunaan plastik sekali pakai dari sumbernya, mendidik masyarakat, dan bekerja tanpa lelah untuk membersihkan sungai setiap hari untuk menghentikan aliran sampah ke lautan.

“Ini harus kita lakukan secara berkala hingga mengolah sampah dan meminimalisir sampah menjadi sebuah kebutuhan atau budaya dalam kehidupan sehari-hari. Dan harus disadari ini menjadi tanggungjawab kita bersama bukan satu dua belah pihak, dan dilakukan secara berkala,” tegasnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News