Beranda Pariwisata Peduli Kawasan Wisata Relawan di Carita Lakukan Bersih-bersih Sampah

Peduli Kawasan Wisata Relawan di Carita Lakukan Bersih-bersih Sampah

Relawan bersama Forkopimcam dan masyarakat melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang jalan di kawasan wisata.

PANDEGLANG – Relawan yang tergabung dalam Komunitas Peduli Pantai Carita (KPPC) melakukan operasi bersih-bersih sampah sejauh 4 kilometer di Jalan Raya Carita-Pandeglang Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Ketua KPPC, Franky Supriadi mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan wisata bukan hal yang harus mereka lakukan melainkan sudah sering dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan kawasan wisata terutama di wilayah Carita, Pandeglang.

“Untuk sekarang bersama-sama dengan para pihak yang ikut serta, kita lakukan di pinggir jalannya dan ada juga yang di pantainya,” katanya, Sabtu (20/4/2024).

Kata Franky, saat libur lebaran kemarin ada sekitar 73 ribu wisatawan yang berkunjung ke Pandeglang. Tentunya tidak menutup kemungkinan sampah di kawasan wisata juga akan ikut bertambah.

“Hitung rata-rata 1 orang 1 kilogram sampah dikali 73 ribu wisatawan, sudah berapa ton sampah yang tumpah ke Carita. Sampah faktor utama merusak lingkungan, maka dari itu harus ada pencegahan dan kesadaran bersama untuk membersihkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, Ratu Tanti menambahkan, kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilakukan karena sangat berdampak positif pada lingkungan. Selain bersih-bersih di pinggir jalan, pihaknya juga akan melakukan pembersihan sampah di pinggir sungai yang mengalir langsung ke laut.

“Ini bukti masyarakat sudah menyadari lingkungan hidup tanggungjawab semua, bukan hanya pemerintah. Kami bakal terus melakukan edukasi bagiamana menciptakan lingkungan yang baik dan sehat. Dan tak sampai disini, kita bakal lakukan susur sungai dan lainnya,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News