Beranda Advertorial Michigan State University Gandeng Untirta untuk Jalin Kerja Sama

Michigan State University Gandeng Untirta untuk Jalin Kerja Sama

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyambut kunjungan dari Michigan State University (MSU) Amerika pada Kamis, (30/03/2023).

SERANG – Perwakilan dari Michigan State University (MSU) Amerika mendatangi kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Kamis, (30/3/2023). Kedatangan perwakilan MSU disambut pihak Untirta di Gedung Rektorat Kampus Untirta Sindangsari.

Kedatangan tiga profesor dari MSU untuk misi “Collaborative Insight Session” yang bertujuan untuk menggali potensi kerja sama di antara kedua perguruan tinggi melalui pemaparan profil, aktivitas akademik dan nonakademik, fasilitas, keunggulan, dan prestasi masing-masing perguruan tinggi.

Ketiga profesor delegasi MSU itu antara lain Samantha Caughlan, Nancy Roming, dan Alyssa Morley.

Rektor Untirta, Prof Fatah Sulaiman, menilai pertemuan ini sebagai bukti komitmen Untirta dan MSU dalam meningkatkan kualitas dan ketahanan pendidikan tinggi, baik di Amerika maupun Indonesia, serta intensi untuk mewujudkan keberlanjutan menurut perannya sebagai perguruan tinggi.

“Kehadiran Anda di sini lebih dari sekedar kesempatan berharga untuk memperkuat niat kita berkolaborasi. Ini adalah lompatan bagi kedua institusi untuk memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat. Saya sangat yakin, melalui USAID di tangan MSU, kita dapat berkontribusi lebih jauh dalam pengembangan pendidikan tinggi,” ujar Rektor.

Dr. Udi Samanhudi selaku Kepala Pusat Layanan Internasional (International Office) yang menginisiasi kegiatan menjelaskan bahwa pertemuan ini adalah langkah awal Untirta dalam upaya menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi peringkat ke-116 tingkat dunia tersebut.

“Mereka ingin tahu Untirta kampusnya seperti apa, signature program-nya apa, research-nya di bidang apa. Jadi mereka punya gambaran mengenai prioritas kerja sama dengan Untirta ke depan,” terangnya.

Udi mengatakan, inisiasi kerja sama ini diawali dengan partisipasi sembilan dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta pada program beasiswa microcredential yang diselenggarakan oleh Dikti berupa pendidikan jangka pendek secara daring di MSU. “Karena pernah ada dosen-dosen Untirta yang berkuliah short course di MSU, pada saat ke Indonesia MSU memutuskan untuk ke Untirta,” ungkapnya.

Dr. Alyssa Morley mengungkapkan bahwa pihaknya terkesan pada tujuan pendidikan dan orientasi penelitian Untirta, serta keterlibatan mahasiswa Untirta, sehingga bukanlah hal yang mustahil bagi Untirta untuk mengadakan kolaborasi dengan MSU.

“Ada kemungkinan hubungan antara Michigan State University dan Untirta. Saya pikir perlu pembahasan lebih lanjut terkait tujuan pendidikan, orientasi penelitian, dan cara mahasiswa terlibat di dalamnya. Jadi menurut saya pasti ada minat untuk berkolaborasi, tapi kita lihat nanti kolaborasi ini akan dibawa dalam bentuk apa,” ucapnya.

Webinar, guest lecture, konferensi internasional, dan course series merupakan beberapa peluang kerja sama yang dicetuskan oleh Untirta pada pertemuan tersebut. Akan tetapi, Untirta perlu terlebih dahulu melalui sejumlah tahap, seperti screening dan diskusi lanjutan dengan MSU. Oleh karena itu, Pusat Layanan Internasional Untirta tengah berupaya menghimpun data potensi dan orientasi kerja sama dari tiap-tiap fakultas serta menyusun Letter of Intent sebagai komitmen awal dengan MSU.

Turut hadir para Wakil Rektor, para dekan fakultas, direktur pascasarjana, wakil direktur pascasarjana, para wakil dekan, Koordinator Humas dan Kerja Sama, Subkoordinator Kerja Sama, Subkoordinator Pusat Layanan Internasional, dan para staf Pusat Layanan Internasional. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News