Beranda Hukum Mencuri Kotak Amal, Pria di Kragilan Serang Dihajar Warga

Mencuri Kotak Amal, Pria di Kragilan Serang Dihajar Warga

Tersangka pencurian kotak amal memberikan keterangan di hadapan penyidik. (Ist)

KAB. SERANG – Aksi pencurian kotak amal kembali terjadi. Kali ini tersangka berinisial ADS (24) nekat menggasak kotak amal di Masjid Baitu Solihin, Kampung Kubang Waru, Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, pada Rabu (18/9/2024).

Belum sempat menggondol duit kotak amal, warga Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang itu langsung dihajar massa.

Kapolsek Kragilan Kompol Firman Hamid menjelaskan peristiwa percobaan pencurian uang dalam kotak amal ini diketahui oleh dua warga yang sedang ngobrol tidak jauh dari masjid.

“Tersangka ADS datang menggunakan motor yang diparkir di halaman masjid. Yang membuat warga curiga, usai memarkirkan motor, tersangka mondar-mandir seperti memantau situasi,” kata Firman, Kamis (19/9/2024).

Merasa aman tak ada warga yang melihat, ADS kemudian mengangkat kotak amal yang ada di pintu masuk dan kemudian membawanya ke dalam masjid. Ketika berada dalam mesjid, tersangka berusaha menjebol gembok namun tidak berhasil.

“Karena gembok tidak dapat dibuka, tersangka kemudian pergi keluar untuk mengambil palu yang telah disiapkan dalam bagasi motor,” terang Firman.

Ketika ADS mengambil palu, warga yang sedari awal sudah mengintai mendatangi mendekati tersangka. Namun ketika ditegur, tersangka berkelit tang mengakui perbuatannya.

“Tersangka berkelit disebut akan mencuri sehingga terjadi perdebatan hingga mengundang warga lainnya berdatangan,” kata Kapolsek.

Lantaran tersangka berkelit, warga kemudian membawa masuk ke dalam masjid. Begitu ditunjukkan kondisi gembok kotak amal yang rusak, tersangka akhirnya mengakui akan mencuri uang yang ada dalam kotak amal.

“Setelah mengakui akan mencuri uang, tersangka selanjutnya dibawa keluar mesjid.”

Di luar mesjid, tanpa ada yang memberikan komando warga langsung menghajar tersangka hingga babak belur. Personel Polsek Kragilan yang menerima informasi segera datang ke lokasi dan mengamankan tersangka ke Mapolsek.

“Tersangka sudah diamankan di Mapolsek dan masih menjalani pemeriksaan,” terangnya.

(Dra/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News