Beranda Peristiwa Local Media Summit 2024, Kolaborasi untuk Memperkaya Arus Informasi yang Inspiratif

Local Media Summit 2024, Kolaborasi untuk Memperkaya Arus Informasi yang Inspiratif

Acara tahunan yang diinisiasi oleh Suara.com dan International Media Support (IMS), Local Media Summit 2024 berlangsung, Rabu (2/10/2024)

JAKARTA – Acara tahunan yang diinisiasi oleh Suara.com dan International Media Support (IMS), Local Media Summit 2024 berlangsung, Rabu (2/10/2024) di Hotel Sultan, Jakarta. Pertemuan puncak tahunan para pengelola media lokal di Local Media Summit 2024 menghadirkan banyak talkshow menarik.

Salah satu talkshow menarik di hari pertama Local Media Summit 2024 menghadirkan pembicara Edy Prasetyo Editor in Chief Suara Surabaya, Mifhatul Khoer CEO Depok 24 jam dan Pemenang SATU Indonesia Awards 2023 di bidang Teknologi dari Astra, Reza Permadi.

Pada talkshow bertajuk Inspiring Talks – Serving The Audience of Tomorrow, Reza Permadi berbagi cerita bagaimana ia mendampingi komunitas untuk membangun desa wisata.

Reza menjelaskan bahwa ia menjadi pemenang SATU Indonesia Award pada tahun lalu yang diselenggarakan oleh Astra. Reza yang merupakan dosen jurusan Pariwisata itu mengatakan bahwa ia bekerja dengan komunitas tingkat lokal dengan membangun Pokdarwis atau kelompok sadar wisata.

Fokus utamanya ialah pengembangan ekonomi masyarakat lokal dengan membangun desa wisata. Reza menjelaskan bahwa kerja-kerja yang ia dan timnya lakukan ialah untuk mendorong produk-produk di desa wisata menjadi digitalisasi.

“Mendampingi mereka (masyarakat lokal) untuk punya produk dan produknya dipasarkan secara daring atau digital atau secara langsung,” jelas Reza.

Jika merujuk pada data BPS yang disampaikan Reza, total desa di Indonesia mencapai angka 83.813, namun hanya ada 6030 berstatus desa wisata.

“Saya tidak bisa datang ke satu-satu desa wisata ini tapi saat ini dengan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, dengan Astra, dengan Kementerian Parisiwata, Kementerian Desa diaturin dan saya beserta teman-teman berhasil digitaliasi 244 produk dari desa wisata di seluruh Indonesia,” jelas Reza.

Yang menarik kata Reza bersama Astra untuk program desa wisata ialah bagaimana kerja-kerja dilakukan secara terstruktural dan tetap sasaran.  Seperti yang dilakukan Reza dan timnya di Desa Sejahtera Astra (DSA) Bugisan, Klaten, hal pertama yang dilakukan ialah sosialisasi dan pendampingan.

Setelah itu, pembuatan dan implementasi AVMS DSA Bugisatan, Klaten. Dengan implementasi teknologi via AVMS, dilanjutkan dengan promosi dan produk Desa Sejahtera Astra (DSA) Bugisan, Klaten. Promosi ini dilakukan via daring atau digital.

Menurut Reza, kolaborasi antara media lokal dengan program Astra di Desa Wisata dan DSA ini akan membawa dampak positif yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Di sisi lain, Edy Prasetyo dari Suara Surabaya mengatakan bahwa kekuatan media ialah bisa membawa dampak signifikan di tingkatan lokal masyarakat.

“Media bisa melakukan sesuatu dengan power untuk membawa dampak positif. Bagaimana bisa menciptakan media yang baik dan membawa dampak langsung,” jelas Edy. “Media harus bisa menjadi motor penggerak di tingkatan masyarakat lokal. Media harus mampu membuat konten dengan kreatif dan inovatif. Dari sini akan menciptakan nilai di masyarakat.”

Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2024

Sejalan dengan semangat kreativitas dan inovasi, Astra juga meluncurkan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2024 dengan tema “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan” yang saat ini sedang berlangsung. Periode pendaftaran telah dimulai sejak 10 Juli dan akan berakhir pada bulan November. Ajang ini mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam mengabadikan momen-momen inspiratif yang berkontribusi pada keberlanjutan Indonesia. Dapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah utama berupa sepeda motor serta berbagai hadiah menarik lainnya.

Beberapa syarat dan ketentuan untuk mengikuti Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2024adalah sebagai berikut. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Karya yang diikutsertakan adalah milik sendiri, dan hasil karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan, ataupun pelecehan terhadap SARA. Pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat di bit.ly/KompetisiJurnalistikAstra

(Red)

 

 

 

 

 

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News