Beranda Kampus Kulik Eksistensi Jurnalisme di Era Digital, UKM Jurnalistik Untirta Gelar Seminar Nasional

Kulik Eksistensi Jurnalisme di Era Digital, UKM Jurnalistik Untirta Gelar Seminar Nasional

UKM Jurnalistik Untirta menggelar seminar nasional.

SERANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Untirta sukses menggelar seminar nasional dengan tema Eksistansi Jurnalisme: Etika dan Integritas Jurnalisme di Masa Mendatang di Kampus Untirta Sindangsari, pada Sabtu, (25/6/2024).

Dalam seminar itu turut juga hadir beberapa pembicara dari kalangan profesional dalam jurnalistik. Diantaranya yaitu Dandhy Laksono, selaku sutradara film dokmenter juga Wahyu Arya, Direktur Utama Bantennews.co.id.

Ketua Umum UKM Jurnalistik, Hariansyah mengatakan acara ini merupakan hajat puncak dari rangkaian milad UKM tersebut yang telah menginjak 19 tahun pada Mei lalu. Ia juga mengatakan jumlah peserta kurang lebih mencapai 200 orang.

“Emang niatnya kita pengen pemateri dari jurnalis lokal dan nasional,” kata Hariansyah kepada Bantennews.co.id.

Alasan mengangkat tema tersebut berangkat dari keresahan dan pertanyaan Hariansyah dan kawan-kawan UKM lainnya mengenai eksistensi profesi jurnalis di masa mendatang. Apalagidi tengah masifnya perkembangan teknologi yang dapat menjadi tantangannya sendiri.

Hariansyah berharap tahun depan, organisasinya dapat mengulangi kegiatan ini kembali. Tentunyadengan harapan antusias mahasiswa dan peserta yang lebih membludak.

Anggita Kurnia, mahasiswa Ilmu Komunikasi mengaku dirinta sangat antusias menyimak saat sesi pemaparan materi tadi. Anggita juga berujar bahwa banyak ilmu yang dapat dipetik dari materi maupun cerita pengalaman para pemateri.

“Kayak gimana cara jurnalis tetap eksis pada profesinya di era sekarang. (Buat) bikin informasi content creator kan bisa, tapi jurnalis beda cara mengemasnya dan kita perlu ulik lebih dalam info tersebut,” tuturnya.

Anggita mengatakan materi tersebut dapatsangat bermanfaat bagi yang ingin menggeluti bidang jurnalistik.

(Mg-Alf/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News