Beranda Politik KPU Kota Serang Tetapkan Perolehan Kursi DPRD 2024

KPU Kota Serang Tetapkan Perolehan Kursi DPRD 2024

Ketua KPU Kota Serang, Nanas Nasihudin

SERANG – KPU Kota Serang resmi menetapkan perolehan kursi partai politik (parpol) dan calon terpilih anggota DPRD Kota Serang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Penetapan ini disampaikan dalam rapat pleno terbuka di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, pada Jumat (14/6/2024).

Rapat pleno tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 18 parpol parlemen dan enam camat se-Kota Serang.

Ketua KPU Kota Serang, Nanas Nasihudin, menjelaskan penetapan perolehan kursi kali ini terlambat karena adanya sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Kami sudah memutuskan kemarin. Setelah putusan MK, kami segera menindaklanjuti dengan surat dari PKPU RI, sehingga penetapan jatuh pada tanggal 14 Juni,” kata Nanas.

Dari 18 parpol, Partai Golkar berhasil memperoleh kursi terbanyak dan calon terpilih anggota DPRD Kota Serang. Nanas menyebutkan bahwa Golkar, Nasdem, Demokrat, dan PKS masing-masing memperoleh enam kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil).

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 meningkat signifikan dibandingkan Pemilu 2019. Dari 82 persen pada 2019, kini naik menjadi 85 persen,” ujar Nanas. “Dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 400 ribu, partisipasi meningkat pada tahun 2024,” ujarnya.(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News