Beranda Politik KPU Banten: Debat Pilgub Banten Dilakukan Tiga Kali

KPU Banten: Debat Pilgub Banten Dilakukan Tiga Kali

Ketua KPU Banten Muhamad Ihsan. (Iyus/bantennews.co.id)

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten telah menentukan jadwal debat publik calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten.

KPU menetapkan debat terbuka kedua pasangan calon sebanyak tiga kali selama masa kampanye dari 25 September hingga 23 November 2024.

Adapun waktu debat akan dilaksankan pada 16 Oktober 2024, 6 November dan 20 November 2024.

Diketahui, Pilgub Banten diikuti oleh dua pasangan calon, yakni nomor urut 01 Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi (Airin-Ade) dan nomor urut 02 Andra Soni-A. Dimyati Natakusumah (Andra-Dimyati).

Ketua KPU Banten Muhamad Ishan mengatakan, debat calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten akan dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu pada 16 Oktober, 6 dan 20 November 2024.

“Sedangkan untuk tema debat publik atau debat terbuka antar Pasangan Calon secara umum merujuk pada visi, misi, dan program Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Banten (2025-2045),” kata Ihsan, Jumat (4/10/2024).

Ihsan merinci, untuk tema debat publik atau debat terbuka antar Pasangan Calon mencerminkan upaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat; memajukan daerah; meningkatkan pelayanan kepada masyarakat; menyelesaikan persoalan daerah; menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional; dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

Ihsan juga mengaku, sebelum debat terbuka, pihaknya bersama pasangan calaon atau Tim pasangan calon akan melakukan rapat koordinasi terlebuh dahulu.

“Kami akan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan Pasangan calon atau Tim Pasangan calon terkait jadwal dan tema debat tersebut. Semoga tidak ada perubahan jadwalnya,” ucapnya.

Saat ditanya debat publik pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur dilaksanakan di mana, Ihsan mengaku, hal itu masih dalam proses pembahasan.

“Masih dalam proses pembahasan. Nanti kita kabarkan,” ujarnya. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News