Beranda Hukum KPK Tutup Rapat Pelapor Bobby Nasution Terkait Jet Pribadi

KPK Tutup Rapat Pelapor Bobby Nasution Terkait Jet Pribadi

Ilustrasi - foto istimewa google.com

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih menutup rapat-rapat pelapor yang menyampaikan laporan dugaan gratifikasi Bobby Nasution kepada lembaga antirasuah tersebut.

Hal itu ditegaskan Juru Bicara KPK Tessa Mahardika saat menyampaikan keterangan di Gedung KPK, Jumat (6/9/2024).

“Saya tidak bisa mengatakan itu karena prosesnya saat ini sudah di tahap penelahan,” ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa nantinya pihak pelapor akan dipanggil untuk diklarifikasi.

“Tetapi siapa yang akan diklarifikasi dan kapan itu saya tidak bisa berasumsi,” katanya.

Ia mengatakan bahwa secara prinsip untuk pelaporan dan penanganan perkara di tingkat penyelidikan bersifat rahasia. Ia menambahkan, hingga saat ini belum bisa membuka penanganannya.

Tessa menjelaskan bahwa setelah menerima laporan, pihaknya melimpahkan kasus dugaan gratifikasi menantu Presiden Joko Widodo itu kepada Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK.

“Ya per hari ini saya mendapatkan informasi bahwa penanganan dugaan gratifikasi saudara BN atau BAN ya. Itu sudah difokuskan dan dilakukan di Direktorat PLPM juga,” ujarnya.

Pelimpahan kepada Direktorat PLPM kasus dugaan gratifikasi Bobby tersebut sama dengan dugaan gratifikasi pemakaian jet pribadi putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

“Jadi dua-duanya nih, untuk saudara K dan saudara BN atau BAN penanganan dugaan gratifikasinya sudah difokuskan di Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat. Direktorat gratifikasi dalam hal ini di bawah Kedeputian Pencegahan membantu semua bahan-bahan yang sudah masuk ke Direktorat PLPM,” katanya.

Sebelumnya, Kaesang dilaporkan atas dugaan gratifikasi oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun terkait penggunaan jet pribadi.

Diketahui, jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan istrinya, Erina Gudono santer dibahas pengguna media sosial. Penggunaan jet pribadi berupa Gulfstream G650ER tersebut awalnya diketahui dari foto jendela yang ditampilkan Erina pada Instagram Story.

Sebelumnya, beredar foto-foto yang menunjukkan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu turun dari sebuah jet pribadi.

Menanggapi itu, Bobby Nasution menjelaskan bahwa penggunaan jet pribadi tersebut tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Medan.

“Saya selalu sampaikan bahwa seperti itu silahkan dicek, silahkan dikroscek, diperiksa, apakah ada pakai uang dari APBD? Apakah ada uang korupsi, yang pasti saya sampaikan bukan dari situ semua,” kata Bobby.

(Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News