Beranda Pemerintahan Komisi V Minta Pemprov Banten segera Buka Rekruitmen Nakes untuk RSUD Labuan...

Komisi V Minta Pemprov Banten segera Buka Rekruitmen Nakes untuk RSUD Labuan dan Cilograng

Ketua Komisi V DPRD Banten Yeremia Menrofa. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten, Yeremia Menrofa meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk segera melakukan prekrutan tenaga kesehatan (Nakes) untuk ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuan, Kabupaten Pandeglang dan RSUD Cilograng, Kabupaten Lebak. Hal itu agar kedua rumah sakit tersebut dapat segera dioperasionalkan.

“Ini kan bisa jadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah, red). Dan seharusnya bisa rekrut. Jadi nggak betlama-lama,” kata Yeremia saat dihubungi, Kamis (30/5/2024).

Yeremia menilai, untuk rekrutmen bisa dilakukan secara bertahap setelah manajemen ada. Untuk tahap awal, ia mengatakan, Pemprov Banten bisa mengoptimalkan dengan tenaga kesehatan yang tersebar di Pemprov Banten.

“Operasional RSUD Labuan dan Cilograng juga dapat dilakukan bertahap. Misalnya tahap pertama untuk layanan poli klinik dulu. Setelah itu layanan IGD. Setelah itu rawat inap,” tutur politikus PDIP itu.

Apabila manajemen kedua RSUD itu sudah ada saat ini, Yeremia mengatakan, mereka bisa membantu persiapan anggaran 2024 untuk operasional.

“Sebagai contoh RSUD Banten. Manajemennya dilantik awal Oktober 2013. Kemudian mereka beradaptasi dan mempersiapkan diri. Beroperasional di awal tahun 2014,” terangnya.

Sebagai informasi, dua rumah sakit milik Pemprov Banten itu pembangunanya sudah selesai dilaksanakan. Namun, hingga kini belum bisa dioperasionalkan karena belum adanya penempatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News