SERANG – World Animal Protection meluncurkan penilaian global yang menyelidiki kesejahteraan ayam yang dipelihara untuk daging mereka untuk dipasok ke rantai makanan cepat saji terbesar di dunia seperti KFC, McDonald’s dan Burger King.
‘Pecking order 2021’memberi peringkat restoran cepat saji secara global berdasarkan kinerja mereka dalam komitmen, ambisi, dan transparansi mereka terhadap kesejahteraan ayam dalam rantai pasokan mereka. Laporan tahun ini menunjukkan bahwa meskipun pasar perhotelan telah sangat berubah sejak laporan terakhir karena pandemi global, tren yang mengkhawatirkan masih marak. Standar kesejahteraan banyak perusahaan sangat rendah, meskipun COVID-19 – yang diperkirakan berasal dari hewan dan ditularkan ke manusia telah menyoroti hubungan antara ekonomi, hewan, dan rakyat.
Sebagian besar daging ayam yang disajikan di restoran cepat saji (QSR) terkenal ini berasal dari ayam yang tinggal di lingkungan sempit dan tandus, lembab dan kadang tanpa sinar matahari, dan banyak yang menderita kepincangan dan luka kulit. Metode peternakan intensif juga sering mengandalkan penggunaan antibiotik rutin sebagai solusi cepat untuk menjaga hewan yang stres dan sakit tetap hidup. Penggunaan antibiotik yang berlebihan ini memicu krisis bakteri kebal (superbugs) mematikan yang membunuh lebih dari 700.000 orang per tahun (WHO,2020) dan terus meningkat. Tidak hanya ayam-ayam ini yang menderita – kesehatan manusia juga terancam.
Bulan lalu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menerbitkan laporan berjudul Laporan Pengujian Daging Broiler Resistensi Antimikroba di Jabodetabek. Laporan tersebut menunjukkan bahwa antibiotik terlarang dan AMR ditemukan pada daging ayam yang berasal dari produsen ayam ternama di Indonesia.
Yang mengejutkan, banyak QSR, terutama di Indonesia, tidak menunjukkan kecenderungan untuk meningkatkan standar, sehingga konsumen tanpa disadari membeli daging dari ayam yang mengalami penderitaan dan kekejaman yang tidak perlu.
‘Pecking order’ menilai perusahaan melalui informasi yang tersedia untuk umum di tiga bidang:
Komitmen(komitmen perusahaan), kebijakan mereka dengan jelas menyatakan betapa pentingnya kesejahteraan ayam bagi perusahaan;
Ambisi (tujuan dan sasaran), garis waktu yang ditentukan yang menunjukkanNStujuan, sasaran, dan janji yang dibuat perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan ayam dan kapan akan tercapai; dan
Transparansi (pelaporan kinerja), melalui pelaporan kinerja mereka, dan seberapa jelas perusahaan memenuhi janjinya tentang kesejahteraan ayam.
Kriteria untuk pemberian poin didasarkan pada Better Chicken Commitment (BCC) – serangkaian perbaikan sederhana dan kuat untuk produksi ayam yang telah dibuat oleh organisasi perlindungan hewan terkemuka di dunia dan mengacu pada bukti ilmiah terbaru. Beberapa ratus perusahaan kini telah mendaftar ke BCC, termasuk beberapa perusahaan di ‘Pecking order’ di pasar tertentu.
Untuk pertama kalinya, selain penilaian global, 14 peringkat lokal juga dibuat untuk mencerminkan realitas di berbagai geografi. Merek yang dinilai adalah Burger King, Domino’s, KFC, McDonald’s, Pizza Hut dan Starbucks. Untuk Indonesia, temuan utama adalah sebagai berikut:
‘Perusahaan-perusahaan Indonesia duduk di dekat bagian bawah peringkat. Negara ini duduk di urutan ke-12 dari 14 negara yang termasuk dalam penilaian, dengan skor perusahaan rata-rata 5%.
Dari enam perusahaan di Indonesia, tiga tidak mencetak poin dan tiga – McDonald’s, KFC dan Pizza Hut – mencetak beberapa poin.
McDonald’s menerima 16%, atau Tingkat 5 (Buruk), dan KFC dan Pizza Hut menerima 6%, atau Tingkat 6 (Sangat buruk).
Tiga perusahaan yang mendapat poin nol di Indonesia – Burger King, Domino’s dan Starbucks – semuanya berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ayam di pasar lain. Perusahaan-perusahaan ini harus memastikan nilai-nilai mereka selaras secara global dan mengambil langkah untuk meningkatkan kesejahteraan ayam di Indonesia.
Sementara KFC mengambil posisi terdepan di beberapa pasar Eropa, perusahaan ini berada di Tier 6 di Indonesia, yang kami anggap “Sangat buruk”.
Rully Prayoga, Manajer Kampanye Indonesia di World Animal Protection mengatakan sangat mengecewakan bahwa perusahaan-perusahaan di ‘The pecking order’ mendapatkan begitu sedikit poin di Indonesia.
“Sangat mengecewakan bahwa KFC, Burger King, Domino’s, Starbucks, dan Pizza Hut mendapat skor yang sangat buruk mengingat perusahaan-perusahaan ini telah mendaftar ke BCC di pasar lain. Perusahaan-perusahaan ini harus memastikan nilai-nilai mereka selaras secara global dan mengambil langkah untuk meningkatkan kesejahteraan ayam di Indonesia.KFC dan QSR lainnya tidak melakukan apa pun untuk kesejahteraan hewan ternak sejak kami meminta mereka tahun lalu untuk berbuat lebih baik bagi hewan, membuat standar ganda menjadi sangat jelas,” ujarnya dalam keterangannya diterbitkan, Senin (30/8/2021).
Menurutnya, mereka adalah perusahaan besar yang memiliki potensi untuk mengubah kehidupan jutaan ayam, dan mereka harus secara aktif mendengarkan konsumen Indonesia.
“Pada tahun 2019, World Animal Protection melakukan penelitian audiens di Indonesia dan menemukan bahwa 9 dari 10 orang memiliki kekhawatiran dengan metode peternakan ayam saat ini dan 76% menganggap merek makanan cepat saji bertanggung jawab. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan mungkin terjadi, tetapi semua perusahaan masih memiliki jalan panjang untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi ayam. Perusahaan-perusahaan ini juga harus menyadari bahwa 67% konsumen Indonesia mengatakan mereka akan membayar lebih jika ayam dibesarkan dengan standar kesejahteraan yang lebih tinggi,” ujarnya.
Jonty Whittleton, Kepala Kampanye Global di World Animal Protection mengatakan banyak restoran merk besar menyangkal miliaran burung kesempatan untuk melihat sinar matahari, tumbuh pada tingkat yang sehat atau berperilaku alami.
“COVID-19 telah mengajarkan kita bahwa kesejahteraan hewan dan kesehatan manusia saling terkait – tidak boleh ada bisnis seperti biasa. Motif komersial mendorong kekejaman dan penderitaan, dan ini harus diakhiri,” terangnya.
World Animal Protection menyerukan kepada perusahaan-perusahaan global ini untuk memimpin dan memastikan bahwa setiap ayam yang disajikan di restoran mereka dijamin kehidupan yang layak. Perusahaan yang dinilai dalam ‘Pecking order’ memiliki peluang membuat perubahan besar di tangan mereka dan dapat menggunakan kekuatan mereka untuk meningkatkan kehidupan ratusan juta hewan.
Terkait hal ini belum ad tanggapan dari perusahaan dimaksud.
(Red)