Beranda Pemerintahan Karo Adpim Setjen Kemendagri Resmi Jabat Pj Bupati Tangerang

Karo Adpim Setjen Kemendagri Resmi Jabat Pj Bupati Tangerang

PJ Gubernur Banten Al Muktabar melantik PJ Bupati Tangerang. (Iyus/bantennews)

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar secara resmi melantik Andi Ony Prihartono sebagai Pj Bupati Tangerang menggantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang periode 2018-2023 Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli. Andi saat ini juga menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pelantikan Pj Bupati Tangerang dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (21/9/2023).

Berdasarkan informasi, pelantikan Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 100.2.1.3-3724 tahun 2023 tentang pengangkatan Pj Bupati Tangerang, Provinsi Banten.

Dalam SK itu juga disebutkan, selama melaksanakan tugas sebagai Pj Bupati Tangerang, yang bersangkutan tetap menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama.

“Memilik hak keuangan dan hak protokoler yang setara dengan kepala.daerah difinitif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Mempunyai tugas, kewenangan, kewajiban dan larangan yang sama dengan tugas, wewenang, kewajiban dan larangan bupati sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” ucap Plt Kepala Biro Pem-Kesra Provinsi Banten, Gunawan Rusminto saat membacakan SK Mendagri.

Seperti dibacakan Gunawan, dalam melaksanakan tugas dan wewenang, Pj Bupati dilarang melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai, dilarang membatalkan perizinan yang dikeluarkan Bupati sebelumnya dan atau mengeluarkan perizinan yang berbeda dengan yang dikeluarkan Bupati sebelumnya.

“Dilarang membuat kebijakan pemekaran daerah dan dilarang membuat kebijakan pembangunan yang berbeda dari pejabat sebelumnya,” ucapnya.

“Larangan yang dimaksud dapat dikecualikan jika mendapat persetujuan tertulis Menteri Dalam Negeri,” sambungnya.

Berdasarkan pantauan, pengambilan sumpah jabatan langsung dilakukan Pj Gubernur Banten. Usai pelantikan juga terdapat penyerahan memori jabatan dari Bupati-Wakil Bupati Tangerang periode 2018-2023 Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli kepada Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono.

Usia prosesi pelantikan Pj Bupati Tangerang, juga dilangsungkan pelantikan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News