Beranda Hukum Kapolda Banten Sebut Jumlah Pemudik ke Pelabuhan Merak Menurun

Kapolda Banten Sebut Jumlah Pemudik ke Pelabuhan Merak Menurun

Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim saat memberikan keterangan. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim menyatakan puncak arus mudik lebaran telah berangsur usai. Hal itu terlihat dari jumlah pemudik yang tercatat mengalami penurunan daripada kemarin.

“Masyarakat yang mudik hari ini mengalami penurunan dari yang kemarin,” katanya kepada wartawan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Minggu (7/4/2024) malam.

Fenomena penurunan jumlah pemudik saat ini juga diperkuat berdasarkan laporan petugas kepolisian di lapangan yang menunjukkan volume kendaraan di tol Cikupa sudah tak padat lagi.

“Hal ini terlihat dari mulai sore volume kendaraan dari Cikupa itu agak tidak terlalu padat,” ujar Abdul Karim.

Indikator lainnya yang menunjukkan penurunan pemudik, kata Abdul Karim, yakni kepadatan kendaraan di tol Cikupa dan Merak sudah berangsur terurai dengan baik.

“Saat ini kepadatan kendaraan sudah melewati batas pintu gate tol Merak. Jadi terakhir 1 jam yang lalu sudah melewati gate tol Cikupa,” ucapnya.

Meski begitu, Abdul Karim mengungkapkan pihaknya tetap memberlakukan delay system untuk mengantisipasi lonjakan kepadatan kendaraan pemudik yang bisa saja terjadi kembali.

“Namun demikian upaya delay system di Kilometer 43 dan selanjutnya di tiga titik itu masih kita lakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kembali,” tutupnya. (STT/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News