Beranda Nasional Jokowi Pastikan 17 Negara Hadiri G20

Jokowi Pastikan 17 Negara Hadiri G20

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sudah 17 negara yang akan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. G20 akan dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 16 November 2022.

Jokowi mengatakan tidak hanya 17 negara yang akan hadir di Bali. Jokowi menyebut menunggu tiga negara untuk menyatakan kehadirannya.

 

“Setidaknya, sudah 17 pemimpin negara yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir. Tiga lainnya sedang ditunggu konfirmasinya,” ucap Jokowi dilihat dari akun Instagramnya, Rabu (2/11/2022).

 

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan perhelatan G20 merupakan sebuah kehormatan. Pasalnya, Indonesia dipercaya memimpin negara-negara ekonomi kuat di dunia di tengah situasi yang tidak pasti.

 

“Kedatangan para pemimpin negara pada KTT G20 di Bali merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia mengingat situasi dunia yang sangat sulit seperti ini,” jelas Jokowi.

 

Jokowi menyampaikan, situasi ekonomi dunia belum pulih pasca pandemi yang melanda seantero bumi. Mantan Walikota Solo ini menegaskan, momentum G20 yang dihadiri oleh negara yang kuat secara ekonomi bisa berkontribusi untuk ekonomi dunia yang lebih baik.

Jokowi mengatakan, Indonesia akan mengambil peran strategis tersebut. Kesempatan yang besar bagi Indonesia bisa memberikan dampak yang besar bagi dunia.

“Sekaligus kesempatan untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia, untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil dan berkelanjutan,” tutupnya.

KTT ini akan menjadi puncak dari proses dan usaha yang intensif dari seluruh alur kerja G20 (Pertemuan Tingkat Menteri, Kelompok Kerja, dan Engagement Groups) selama setahun keketuaan Indonesia

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News