Beranda Politik Hari Ini Bawasalu Banten Buka Pendaftaran PTPS Pilkada 2024

Hari Ini Bawasalu Banten Buka Pendaftaran PTPS Pilkada 2024

Anggota Bawaslu Banten Liah Culiah.

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten, hari ini, Kamis (12/9/2024) resmi membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pilkada 2024.

Berdasarkan informasi, pandaftaran PTPS dibukan mulai dari 12 hingga 28 September 2024.

Komisioner Bawaslu Banten Divisi SDM, Liah Culiah mengatakan, pihaknya hari ini telah membuka pendaftaran PTPS.

“Ya, sudah pengumuman (pendaftaran) hari ini sekaligus penerimaan berkas mulai tanggal 12 sampai 28,” kata Liah saat dihubungi melalui telepon.

Lebih lanjut, Liah menyebut, kebutuhan PTPS se-Banten untuk Pilkada Serentak 2024 sebanyak 17.226 orang.

“Kebutuhan itu disesuaikan dengan jumlah DPS (Daftar Pemilih Sementara, red) pasca proses coklit (pencocokan dan penelitian). Tapi jumlah itu bisa berubaha dan akan menyesuaikan dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap),” ucapnya.

Meski begitu, lanjut Liah, pihaknya juga tidak memprioritaskan padaftar yang pernah bertugas sebagai PTPS pada Pemilu 2024.

“Yang lama (PTPS Pemilu) nggak prioritas. Yang jelas siapapun yang daftar kami jaring. Terpenting kami memperhatikan umur dan riwayat kesehatan, termasuk tidak menjadi pengurus partai politik (parpol), selain syarat lain yaitu KTP dan lain-lain,” ujarnya.

Saat ditanya sudah berapa pendaftar untuk PTPS Pilkada Serentak di Banten, Liah mengaku, belum mendapat informasi. “Belum tahu, belum ada report (laporan, red) yanh daftar,” katanya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News