Beranda Olahraga Hadapi Kejurnas 2025, Ratusan Karateka BKC Cilegon Jalani Ujian Kenaikan Tingkat

Hadapi Kejurnas 2025, Ratusan Karateka BKC Cilegon Jalani Ujian Kenaikan Tingkat

Ketua BKC Kota Cilegon, Muhammad Saiful Basri bersama jajaran atlet karateka. (Ist)

CILEGON – Sekira 280 orang karateka dari berbagai usia yang tergabung dalam Bandung Karate Club (BKC) Praja Kesatria Dharma Cabang Kota Cilegon menjalani ujian kenaikan tingkat di sebuah workshop yang terletak di Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Minggu (27/10/2024).

Ketua BKC Kota Cilegon, Muhammad Saiful Basri giat tersebut merupakan salah satu agenda yang menjadi program kerja pihaknya dan sekaligus upaya dalam meningkatkan SDM.

“Antusiasme karateka BKC sangat besar, terutama para orang tua yang mengantar putra putrinya, kegiatan ujian kenaikan tingkat ini juga merupakan persiapan untuk menghadapi Kejurnas (Kejuaraan Nasional) 2025,” ujarnya.

Pemilik workshop yang digunakan sebagai arena perhelatan uji kenaikan tingkat ini menerangkan, BKC merupakan sebuah seni bela diri yang menanamkan prinsip-prinsip kebaikan bagi seluruh karatekanya.

“Dasar pendidikan di BKC yaitu kekuatan fisik, kedisiplinan, keterampilan dan sebagai pendidikan pelengkap di antaranya pengetahuan umum tentang asal-usul ilmu bela diri, budi pekerti serta keagamaan berdasarkan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa,” terang pria yang diketahui juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon ini.

Para karateka BKC Kota Cilegon ini, terang Saiful Basri, selain diberi latihan yang keras, para pelatihnya juga mengajarkan budi pekerti dan ilmu pengetahuan umum kepada muridnya, yang nantinya diharapkan pada saat bertanding dapat menjunjung tinggi rasa nasionalisme.

“Nasionalisme merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri. Dengan nasionalisme, generasi muda dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa di hadapan dunia ditambah budi pekerti yang baik. Maka harapannya anak-anak dan adik-adik karateka BKC Cilegon juga dapat berprestasi, bisa jadi kebanggaan masyarakat Kota Cilegon. Dengan menanamkan dan mengembangkan perilaku yang baik, bermoral, dan beretika dalam kehidupan sehari-hari dengan baik,” katanya.

Antusiame semangat ratusan karateka BKC menjalani ujian kenaikan tingkat. (Ist)

Di tempat yang sama, Pembina BKC Cabang Kota Cilegon, Sanduri Sam menambahkan bahwa kegiatan ujian kenaikan tingkat ini merupakan tahap ke 2 dalam satu tahun ini diikuti dari tingkat anak-anak hingga karyawan.

“Ujian kenaikan tingkat ini alhamdulillah diikuti dari sabuk putih junior hingga sabuk hitam senior melalui ujian tulis dan ujian mental fisik,” ujarnya.

“Kami sangat mengapresiasi atas dukungan dan kolaborasi positif Pak Ketua Muhammad Saiful Basri yang sangat memberikan dukungan baik moril, materil terhadap BKC Cabang Kota Cilegon,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News