Beranda Komunitas Guru PAUD dan Orangtua Ikuti Workshop Mendongeng di Rumah Dunia

Guru PAUD dan Orangtua Ikuti Workshop Mendongeng di Rumah Dunia

Workshop mendongeng di Rumah Dunia. (IST)

SERANG – Puluhan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Serang dan sejumlah orangtua mengikuti workshop mendongeng di Rumah Dunia, Ciloang, Kota Serang, akamis (17/10/2024).

“Ini bagian upaya kami dalam membangkitkan literasi sejak dini kepada anak-anak melalui mendongeng,” ujar Abdul Salam, Presiden Rumah Dunia.

Dikatakan, pelatihan mendongeng ini untuk meningkatkan kemampuan mendongeng guru PAUD dan orangtua. Selain itu, workshop ini juga untuk mendorong kembali kebiasaan mendongeng dari orangtua kepada anak.

‘Ekosistem mendongeng ini perlu ditumbuhkan kembali karena sangat banyak manfaat mendongeng bagi tumbuh kembang anak. Selain untuk meningkatkan literasi anak, mendongeng juga dapat melatih imajinasi dan membentuk karakter anak,” ujar Salam.

Salam mengatakan kegiatan workshop ini merupakan rangkaian kegiatan literasi yang dilaksanakan Rumah Dunia bekerja sama dengan  Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek. Sebelumnya juga telah dilakukan workshop menulis esai untuk pegiat literasi dan pelatihan menulis cerpen untuk mahasiswa dan pelajar.

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan pelatihan dari pendongeng yang juga Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Banten RG Kedung Kaban dan Diofany. Pemateri yang juga aktif dalam dunia literasi ini memaparkan sejumlah teknik mendongeng agar menarik bagi anak-anak.

(Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News