JAKARTA – Goto dan TikTok pada Senin (11/12/2023) mengumumkan kemitraan strategis sehingga TikTok Shop bisa kembali beroperasi di Indonesia. Dengan kerja sama ini maka TikTok Shop di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia, demikian diumumkan kedua perusahaan.
“Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” bunyi pernyataan Goto dan TikTok.
TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar AS untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.
TikTok dan GoTo berharap kerja sama ini dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.
Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.
Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) – inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.
Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.
Sebelumnya TikTok Shop ditutup di Indonesia karena dinilai melanggar aturan, terutama soal izin sebagai social commerce. TikTok dalam beberapa waktu terakhir berusaha merayu pemerintah agar bisa beroperasi kembali.
Pemerintah di sisi lain menegaskan hanya akan menghidupkan lagi TikTok Shop jika mengurus izin sebagai social commerce dan mendirikan badan usaha di Indonesia. Opsi lain adalah menggandeng e-commerce yang sudah ada. (Red)