Beranda Artis ‘Gadis Kretek’ Raih Penghargaan Miniseries Terbaik di Korea

‘Gadis Kretek’ Raih Penghargaan Miniseries Terbaik di Korea

Cuplikan series Gadis Kretek. (IST)

BERITA membanggakan tentang industri perfilman tanah air kini datang dari serial Gadis Kretek. Serial orisinal Netflix Indonesia ini berhasil meraih penghargaan Best Miniseries kategori International Competition Program di Seoul International Drama Awards 2024 (SDA).

Pencapaian Gadis Kretek patut dibanggakan sebab untuk kategori Best Miniseries, Gadis Kretek bersaing dengan karya-karya terbaik lainnya, seperti 3 Body Problem, Moving, The Worst of Evil, dan Daily Dose of Sunshine. 3 Body Problem bersanding dengan Gadis Kretek memenangkan kategori tersebut.

Dalam International Program, Dian Sastrowardoyo sendiri dinominasikan sebagai Best Actress berkat aktingnya yang apik sebagai Dasiyah atau Jeng Yah. Ia bersaing dengan aktris keren lain seperti Soi Park , Robyn Malcolm, dan Yili Ma.

Warganet pun berbondong-bondong mengucapkan selamat dan rasa bangga atas prestasi Gadis Kretek di salah satu ajang bergengsi Korea Selatan.

“Wow Gadis Kretek berhasil ngalahin drama sekelas Moving dan Daily Dose of Sunshine,” tulis akun @tro***.

“Sudah kuduga. Series niat banget. Dari segi setting tempat, suasana, musik, semuanya oke banget! Apalagi aktornya juga papan atas. Aku suka Ario Bayu dari Rumah Dara, trus Kak Dian Sastro juga totalitas banget,” ujar akun @hij***.

“Omg yash deserved and congrats! Semoga makin banyak series Indo yang keren kayak gini di Netflix,” tambah akun @rim***.

Gadis Kretek memang menjadi serial fenomenal Netflix yang tayang tahun 2023 lalu. Disutradarai pasangan Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, serial ini diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Ratih Kumala.

Cerita serial ini memotret hiruk-pikuk usaha kretek di Jawa tahun 1960-an, dan kisah cinta tokoh Dasiyah dan Soeraja. Dasiyah digambarkan teguh dan berani menentang tradisi tahun 1960-an demi mewujudkan impian dan cinta bersama Soeraja (Ario Bayu).

Mengambil alur maju mundur, serial ini turut memperlihatkan karakter Arum (Putri Marino) di awal 2000-an memulai perjalanan bersama Lebas (Arya Saloka) demi menyingkap rahasia terpendam. Rahasia masa lalu yang mempengaruhi hidup mereka selama-lamanya.

Sebagai informasi, Gadis Kretek juga mendapatkan empat nominasi di Asia Content Awards dan Global OTT Awards 2024. Ada Best Creative untuk Gadis Kretek, Best Director untuk Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, Best Lead Actor (Female) untuk Dian Sastro, serta Best Supporting Actor (Male) untuk Arya Saloka. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News