Beranda Pemerintahan DPAD Kota Cilegon Siap Gelar Pemilihan Duta Baca Daerah dan Pelajar

DPAD Kota Cilegon Siap Gelar Pemilihan Duta Baca Daerah dan Pelajar

DPAD Kota Cilegon Siap Gelar Pemilihan Duta Baca Daerah dan Pelajar

CILEGON – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon akan menggelar pemilihan Duta Baca Kota Cilegon. Sekretaris DPAD Kota Cilegon, Upu Tri Puspa menyampaikan rencana pemilihan Duta Baca Kota Cilegon.

Ia menyampaikan rencana tersebut dan di hadapan Duta Baca Provinsi Banten Rahmat Heldy HS. Upu meminta masukan dari Duta Baca Banten terkait teknis pemilihan dan sejumlah kriteria apa saja yang bisa dipakai untuk bahan penilain dalam ajang pemilihan pertama pertama di Kota Cilegon tersebut.

“Karena ini baru awal dalam pemilihan Duta Baca di Kota Cilegon ini, maka kiranya Duta Baca Banten bisa memberikan arahan untuk hal teknis sampai hal apa saja yang dapat dijadikan rujukan untuk penilian,” kata Upu di ruang Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon, Selasa (8/2/2022).

Masih menurut Upu, semula pihaknya ingin pemilihan Duta Baca tersebut hanya diikuti pelajar saja, yaitu Duta Baca Putra dan Duta Baca Putri. “Makanya kami ingin dengar pendapat dari Duta Baca Banten,” tegasnya.

Sementara menurut Rahmat Heldy HS dirinya mengapresiasi penuh dengan adanya kegiatan tersebut. “Jujur ini menarik bagi saya dan masyarakat Kota Cilegon, saya mengapresiasi penuh kegiatan ini. Tapi kalau boleh saya usul baiknya jangan hanya pelajar tapi ada juga Duta Baca Daerahnya,” kata Rahel sapaan akrab Rahmat Heldy HS.

“Kenapa perlu Duta Baca Daerah Kota Cilegon, karena kita ingin pembudayaan kegemaran membaca dan menulis atau literasi secara keseluruhan tidak hanya dikalangan pelajar tetapi mencakup masyarakat luas. Pelajar perlu ada, tapi jangkauannya kurang luas. Maka usul saya adakan juga untuk Duta Baca Daerah,” tegasnya.

Dalam diskusi terbatas yang juga dihadiri Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Gina Rosefin tersebut akhirnya usulan penambahan Duta Baca Daerah pun disepakati. Termasuk di dalamnya penambahan tentang persyaratan para peserta.

Rencananya kegiatan akan digelar pada Maret mendatang. “Semoga dengan adanya Duta Baca Pelajar dan Daerah ini indeks literasi masyarakat Kota Cilegon terus mengalami peningkatan,” harapannya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News