Beranda Kesehatan Dokter Sebut Sakit Gigi Bisa Sebabkan Gagal Jantung

Dokter Sebut Sakit Gigi Bisa Sebabkan Gagal Jantung

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Jarang yang tahu kalau  sakit gigi bisa menyebabkan sakit jantung bahkan gagal jantung. Ini karena gigit dan gusi berhubungan dengan saraf otak dan pembuluh darah.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Pekanbaru, dr. Sanny March Silaban, Sp.JP, sakit gigi juga bisa menyebabkan sakit jantung jika tidak segera diobati, terutama jika infeksi telah menyerang gusi juga.

“Kenapa ini bisa terjadi? Gigi dan gusi adalah organ terdiri dari komponen-komponen penting seperti saraf dan pembuluh darah yang terhubung ke seluruh tubuh. Jika infeksi yang terjadi di gigi atau gusi telah mencapai saraf maka bakteri bisa berisiko menyebar dan menyerang organ lainnya melalui darah,” ujar dr. Sanny melalui keterangan yang diterima suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Seperti misal radang gusi yang disebabkan karena penumpukan plak dan bakteri. Kebanyakan orang menganggap ini adalah masalah biasa pada mulut, namun yang tidak banyak diketahui adalah jika infeksi bakteri telah mencapai saraf maka mereka bisa masuk dan mengalir dalam peredaran darah kita.

“Jika bakteri telah mencapai jantung maka ini akan menyebabkan infeksi jantung maupun pembuluh darah,” papar dr. Sanny.

Sehingga masalah sakit gigit jika dibiarkan bukan hanya menyebabkan gigi berlubang tapi jiga infeksi baru yang bisa merusak jantung dan pembuluh darah, bahkan hingga gagal jantung.

“Namun fakta lain dari sakit jantung yaitu ternyata sakit jantung juga bisa menyebabkan sakit di gigi hingga rahang. Ini dikarenakan letak saraf vagus, yang merupakan saraf berfungsi dalam mengatur jantung, paru-paru dan saluran pencernaan tersebut mengalir dari otak ke berbagai organ di tubuh melewati rahang,” kata dr. Sanny.

“Sehingga ketika tubuh mengalami masalah pada jantung atau maupun paru-paru ini bisa menyebabkan rasa sakit pada rahang yang bisa saja disalah artikan sebagai sakit gigi biasa,” lanjutnya.

Menariknya karena sakit gigi yang disebabkan sakit jantung termasuk kondisi langka. Inilah sebabnya ada beberapa gejala khusus yang perlu diwaspadai.

“Karena biasanya juga diikuti dengan gejala lain seperti sesak napas, nyeri dada, hingga keringat dingin,” pungkasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News