Beranda Kampus Dandhy Laksono: Jurnalisme Harus Fokus pada Kepentingan Publik

Dandhy Laksono: Jurnalisme Harus Fokus pada Kepentingan Publik

Seminar nasional Menjaga Integritas Jurnalisme: Pilar Kepercayaan, Keamanan, dan Faktualitas di Untirta.

SERANG – Sutradara film dokumenter, Dandhy Laksono bercerita mengenai pengalamannya selama meliput isu-isu mengenai kepentingan publik. Hal itu Dandy sampaikan dalam acara Seminar UKM Jurnalistik Untirta yang digelar di Kampus Untirta Sindangsari, pada Sabtu, (22/6/2024).

Dandhy juga memberikan wejangan kepada para jurnalis kampus untuk tetap konsisten meliput isu soal kepentingan publik. Menurut Dandhy, di era serba digital saat ini siapapun bisa membuat media sendiri juga menjadi content creator.

Menurut Dandy, seorang jurnalis yang kompeten adalah mereka yang dapat mengupas sisi yang tidak terlihat secara umum. Bahkan, tambahnya, tantangan yang dihadapi jurnalis saat ini ialah kecepatan dan masifnya konten di sosial media itu sendiri.

Ia mengambil contoh dengan hasil karya-karya film dokumenternya yang berhasil menguliti kebijakan-kebijakan pemerintah yang justru dianggap merugikan masyarakat. Itu yang membedakan jurnalis dengan content creator.

“Kalau jurnalis kontennya sama atau lebih jelek dari yang lain, terus apa gunanya kita belajar jurnalistik?” katanya sambil tertawa.

Senada dengan Dandhy, Wahyu Arya selaku Direktur Utama Bantennews juga mengamini bahwa menjadi jurnalis saat ini dituntut harus bisa segala bidang. Apalagi ditengah gempuran masifnya informasi dan teknologi.

Meski begitu, jurnalis musti masih harus tetap memegang teguh prinsip-prinsip dan etika jurnalistik sebagai acuan. Walaupun, lanjut Wahyu, dengan melalui medium yang kian beragam.

Pria ini juga menyenggol soal isu Artificial Intellegence (AI) yang kini marak menjadi konten di sosial media. “Yang AI tidak miliki adalah kemampuan analisis dan kedalaman,” pungkasnya.

Tak hanya itu, ia turut menyentil soal ragamnya konten berita dengan judul clickbait yang hanya digunakan sebagai mesin pencari cuan.

(Mg-Alf/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News