Beranda Kesehatan Berbagai Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Buah pepaya menjadi salah satu makanan sehat yang mudah ditemukan. Rasanya yang manis juga membuatnya banyak digemari.

Rupanya buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Diantaranya terdapat kandungan karbohidrat, kalori, serat, protein, vitamin C dan A, folat, serta potasium. Selain itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, magnesium, vitamin B, dan K.

Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid salah satunya yaitu likopen. Buah ini juga mengandung enzim yang dikenal sebagai enzim papain. Kandungan nutrisi inilah yang membuat manfaat pepaya untuk kesehatan begitu banyak.

Berikut berbagai manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan

Pepaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam buah berwarna oranye tersebut terdapat enzim antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase.

Kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim tersebut mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut penelitian dalam Neuro Endocrinology Letters, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dasar pepaya, dapat menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Buah pepaya banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

3. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Buah pepaya ternyata juga dapat mengoptimalkan sistem imun tubuh. Pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E.

Melansir dari jurnal Nutrients dengan judul Vitamin C and Immune Function, vitamin C menjadi jenis vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imun tubuh.

4. Menyembuhkan luka pada lapisan perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah pepaya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Memperlancar menstruasi

Manfaat pepaya bagi wanita yaitu dapat memperlancar menstruasi. Jika mengalami gangguan menstruasi, seperti siklus menstruasi yang tidak lancar, sebaiknya konsumsilah buah pepaya. Kandungan enzim papain pada buah ini mampu memperlancar siklus menstruasi.

Meski buah pepaya banyak mempunyai manfaat, namun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dikarenakan ada berbagai efek samping yang bisa terjadi seperti gangguan pencernaan, alergi, dan iritasi lambung. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News