Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana suatu negara dapat diatur dengan baik? Di balik setiap kebijakan pemerintah yang kita nikmati, terdapat sebuah sistem rumit yang disebut Administrasi Negara. Sederhananya pemerintahan adalah kegiatan yang mengatur dan mengendalikan urusan atau kepentingan suatu negara. Administrasi Negara itu apa sih? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) administrasi negara adalah lembaga pemerintah nondepartemen yang bertugas membina ketertiban administrasi negara. Artinya administrasi negara merupakan suatu sistem yang mengatur dan mengelola kegiatan pemerintahan dalam suatu negara yang dilakukan secara terus menerus. Mari kita bayangkan, jika sebuah negara yang kita tempati saat ini adalah sebuah perusahaan besar. Nah, peran administrasi negara adalah yang mengelola angaran, mengatur, membuat rencana, serta memberikan pelayanan kepada publik.
Lalu tugas dari administrator itu apa sih? administrator merupakan pelaku atau yang menjalankan dari administrasi itu sendiri, mereka seringkali menjadi ‘’orang di balik layar’’ yang memastikan agar segala kegiatan administrasinya berjalan dengan lancar. Tugas dan tanggung jawab utama administrasi adalah pengelolaan data yang dimana tugasnya mengumpulkan data, mengorganisir dan menyimpan data secara sistematis. Tidak hanya itu adminstrator juga melakukan koordinasi dan pelayanan pelanggan.  Kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang administrator adalah mengelola tugas administratif sehari-hari, ketik mengetik, membuat surat, mengarsipkan dan membuat jadwal.
Mengapa peran adminstrator itu penting? Karena merekalah bagian utama yang dapat memastikan semua proses berjalan dengan lancar dan efisien. Administrator membantu meningkatkan efisiensi kerja dengan mengatur tugas dan sumber daya, selain itu mereka juga memastikan data dan informasi yang dikelolanya itu akurat dan terupdate. Tidak hanya itu administrator juga berperan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.
Kegiatan administrasi sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari contoh nya pembuatan KTP hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan KTP adalah menyiapkan dokumen seperti KK, surat pengantar dari RT/RW, dan dokumen pendukung lainnya tergantung kebijkan masing-masing daerah. Selanjutnya mengunjungi kantor disdukcapil sesuai dengan domisili kita akan diarahkan mengambil nomor antrian setalah itu akan dipanggil dan mengisi formulir permohonan pembuatan KTP-el yang disediakan, lalu setelah itu kita akan diarahkan kembali untuk melakukan perekaman data yaitu foto wajah, sidik jari, tanda tangan digital, dan pemindaian iris mata. Kemudia  petugas akan melakukan verifikasi data yang ada di database kependudukan, setelah data diverifikasi selanjutnya yaitu proses pencetakan biasanya akan memakan waktu beberapa hari kerja. Pengambilan KTP biasanya akan diberitahu kembali oleh pihak Disdukcapil.
Kesimpulan
Administrasi Negara adalah bagian yang sangat penting dalam menunjang berbagai aspek kehidupan bernegara. Tanpa adanya proses pengelolaan yang baik, negara tidak akan berjalan efektif dan efisien. Jika kita memahami lebih mendalam tentang administrasi negara, memungkinkan kita menjadi warga negara yang aktif dan partisipatif