Beranda Peristiwa Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Korlantas Polri Siapkan Skenario Lalu Lintas di Mudik Lebaran...

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Korlantas Polri Siapkan Skenario Lalu Lintas di Mudik Lebaran 2024

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan saat konferensi pers terkait persiapan mudik lebaran 2024.

CILEGON – Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah skema dan skenario rekayasa lalu lintas untuk menghadapi arus mudik lebaran 2024 yang akan menyeberang ke Sumatera. Hal itu disiapkan guna mengantisipasi lonjakan kendaraan pemudik.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan usai menggelar rapat teknis persiapan mudik lebaran 2024 di Mal Sosoro, Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kamis (14/3/2024).

“Kami sudah menyiapkan beberapa skenario dan cara bertindak nanti untuk arus lalu lintas yang menuju ke penyeberangan,” katanya saat konferensi pers.

Diketahui, pada mudik lebaran 2024 ini 2 pelabuhan yakni Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan PT BBJ di Bojonegara akan kembali difungsikan untuk membantu Pelabuhan Merak menghadapi lonjakan pemudik.

Dengan demikian, Aan mengaku pihaknya telah menyiapkan sejumlah skenario lalu lintas mulai dari kondisi normal, sedang, hingga yang paling parah.

“Kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas, terutama pembagian kendaraan yang akan menuju ke Ciwandan dan BBJ. Ada di Cilegon Timur, kita akan sharing,” ujarnya.

Apabila arus pemudik mengalami peningkatan, kata Aan, pihaknya akan memberlakukan delaying system untuk mengatur kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan.

“Kita akan siapkan buffer zone ada di Cikuasa atas untuk mengatur lalu lintas yang akan menuju ke Merak atau pelabuhan lainnya,” ucapnya.

Sementara, jika nanti terjadi situasi kontijensi yang mengakibatkan penumpukan kendaraan di dermaga pelabuhan, polisi juga telah menyiapkan skema untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kita sudah siapkan kontijensi plannya, terutama untuk mengatur arus lalu lintas kendaran yang menuju Merak. Kita keluarkan kendaraan menuju jalan arteri, tidak melanjutkan ke Merak. ASDP juga tidak menjual tiket apabila situasinya kontijensi,” tutup Aan.

(Mg-STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News