Beranda Nasional Abdul Mu’ti Dinilai Layak Masuk Kabinet Prabowo jadi Menteri Pendidikan

Abdul Mu’ti Dinilai Layak Masuk Kabinet Prabowo jadi Menteri Pendidikan

Abdul Mu'ti. (IST)

JAKARTA – Keputusan Presiden terpilih Prabowo Subianto menunjuk Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menjadi bakal Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dinilai patut diapresiasi.
Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. Cecep Darmawan mengatakan, sosok Abdul Mu’ti dinilai memiliki rekam jejak yang baik pada sektor pendidikan.
“Saya kira bisa apresiasi ya Pak Prabowo kalau nanti jadi menunjuk Pak Abdul Mu’ti. Soal track record-nya yang saya tahu beliau memang orang Muhammadiyah yang bersinggung banyak ya tentang pendidikan. Jadi itu langkah yang tepat,” kata Cecep kepada Suara.com (jaringan BantenNews.co.id) saat dihubungi pada Selasa (15/10/2024).
Dengan latar belakang serta berbagai pengalaman dalam sektor pendidikan, menurut Cecep, masyarakat bisa menaruh harapan kepada Abdul Mu’ti.
Cecep berharap, Abdul Mu’ti nantinya bisa berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menangani persoalan pendidikan yang luas.
Cecep bahkan menyarankan untuk merombak total kementerian, termasuk para dirjen agar diisi oleh orang-orang yang paham tentang pendidikan.
“Kemudian juga ke depan bisa berharap ada terobosan-terobosan dan mengembalikan lagi marwah pendidikan ya. Termasuk pendanaan pendidikan yang harus di-refocusing kembali kepada kebutuhan pendidikan yang lebih baik. Supaya lebih bermutu pendidikan kita dengan topangan anggaran yang memadai,” tuturnya.

Profil Abdul Mu’ti
Abdul Mu’ti dikenal sebagai akademisi di berbagai kampus. Dia menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Tarbiyah, IAIN Walisongo Semarang pada 1991. Kemudian melanjutkan studi magister di Flinders University, Australia, dan lulus tahun 1998.
Pada 2008, ia menamatkan pendidikan doktoral di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini, Abdul Mu’ti dikenal sebagai Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Melansir situs Universitas Muhammadiyah Jakarta, Abdul juga merupakan Ketua Umum Indonesia Conference on Religion and Peace (ICRP) untuk periode 2023-2028.
Abdul telah aktif di Muhammadiyah sejak 1994. Pada periode 2000-2002, ia diamanahkan sebagai Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Kemudian pernah menjadi Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2002-2006 serta Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dari 2005 hingga 2010.
Ia kini menjabat sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027.
(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News