Beranda Komunitas Tria Achiria Wakili Banten dalam Jambore Sastra Asia Tenggara

Tria Achiria Wakili Banten dalam Jambore Sastra Asia Tenggara

Jambore Sastra Asia Tenggara.

BANTEN – Kabar membahagiakan dari dunia sastra di Banten. Salah seorang penulis, yaitu Tria Achiria lolos kurasi dalam acara Jambore Sastra Asia Tenggara (JSAT) yang berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur.

Acara ini merupakan acara pagelaran sastra yang diikuti oleh beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, dan Singapur.

Penulis perempuan yang aktif di komunita Kubah Budaya ini menjelaskan sebelumnya menerima informasi mengenai pembukaan pengiriman karya puisi.

Tria, sapaan akrab penulis yang satu ini mengirimkan puisi kepada panitia. Setelah melalui proses kurasi, karnyanya lolos kurasi akan menjadi penyair yang diundang untuk menghadiri serangkaian acara sastra dan kebudayaan di Banyuwangi pada tanggal 24-26 Oktober 2024.

“Alhamdulillah karya saya lolos kurasi dan bisa mengikuti kegiatan ini,” kata Tria mewakili Provinsi Banten.

Tria Achiria.

Sebelumnya Tria juga pernah menghadiri acara sastra yang dihadiri oleh beberapa negara lain, yaitu saat acara Numera di Padang Sumatera Barat (2012) dan temu penyair Asia di Meulaboh Aceh Barat (2016).

Tria juga menjelaskan bahwa puisinya yang lolos mendapatkan penghargaan sebagai salah satu dari sepuluh puisi menarik di antara 200 puisi yang termaktub dalam Antologi IJEN PURBA: TANAH, AIR, dan BATU.

“Saya tidak menyangka bahwa puisi saya yang berjudul Di Ceruk-ceruk Dinding Kaldera Ijen Purba, menjadi salah satu dari 10 puisi menarik di antara 200 puisi yang ada dalam Antologi tersebut.” Ungkapnya dengan haru. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News