Beranda Pendidikan PCNU Kota Serang Jalin Kerja Sama Beasiswa dengan Unbaja

PCNU Kota Serang Jalin Kerja Sama Beasiswa dengan Unbaja

PCNU Kota Serang Jalin Kerja Sama Beasiswa dengan Unbaja.

SERANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Serang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Universitas Banten Jaya (Unbaja) dan PKBM Daguina Kota Serang.

MoU itu berisi kerja sama pemberian beasiswa kuliah dan paket A,B,C bagi para santri berprestasi. Unbaja memberikan 20 kuota beasiswa kepada PCNU Kota Serang yang ditujukan bagi santri yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik, khususnya dalam hafalan Al-Qur’an (tahfidz).

Ketua PCNU Kota Serang, KH Saifun Nawasi, mengatakan acara ini merupakan bentuk cinta kepada santri yang diharapkan membawa keberkahan.

“Siapa yang mencintai santri, insya Allah mencintai Rasul, dan bersama-sama akan bersama Rasul di surga,” kata KH Saifun dalam sambutannya di Majelis Pusat Asy-Syarqowi Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Tengkele, Kota Serang pada Selasa (22/10/2024)

Di lokasi yang sama, Rektor Unbaja, Sadeli Hanafi menyampaikan bahwa para santri dari pesantren telah berperan besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ia mencontohkan revolusi Jihad yang dikumandangkan oleh KH Hasyim Asy’ari, pendiri NU.

“Pendidikan santri bukan hanya agama, tapi juga perlu dibarengi dengan pendidikan umum,” tuturnya.

Tidak hanya pemberian beasiswa, acara itu juga dimeriahkan dengan beda buku “Shalawat Badar dan Politik NU” dan “Amalan Santri dan Pelajari NU.”

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan para santri tentang ajaran NU dan peran politiknya di Indonesia.

Ketua PKBM Daguina Kota Serang Yoma Hatima menuturkan penerima manfaat beasiswa bagi santri ini sangat membantu untuk melanjutkan pendidikan.

“Paket A, B, C dari PKBM Daguina Kota Serang ini semoga dapat membantu bagi para santri yang ingin melanjutkan pendidikan formal kedepannya,” kata Yoma.

KH Matin Syarkowi, A’wan PBNU, mengingatkan bahwa pendidikan di Indonesia bermula dari surau, tempat para wali mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat.

“Surau adalah Soko Guru pendidikan di Nusantara, sebelum ada madrasah atau sekolah,” jelas KH Matin.

Ia juga berharap kerja sama antara NU dan Unbaja ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi santri.

(Dra/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News