Beranda Politik Didukung Generasi Muda, Calon Walikota Serang Ria Siapkan 1000 Beasiswa

Didukung Generasi Muda, Calon Walikota Serang Ria Siapkan 1000 Beasiswa

Deklarasi dukungan untuk Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Serang nomor urut 1, Ratu Ria Maryana-Subadri Ushuluddin, yang dilaksanakan oleh Generasi Merintis Kota Serang pada Rabu (9/10/2024).

SERANG – Calon Walikota Serang, Ratu Ria Maryana menawarkan program unggulannya kepada kelompok pemuda di Kota Serang. Program unggulan yang dimaksud yakni, 1.000 beasiswa setahun dan penyediaan lapangan pekerjaan bagi kelompok disabilitas.

Dalam pemaparannya Ratu Ria berjanji apabila nanti terpilih sebagai Walikota Serang di Pilkada tahun 2024 dirinya bakal memastikan anak-anak di Kota Serang dapat mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi secara gratis melalui program beasiswa yang ditawarkannya.

Hal itu disampaikannya saat hadir dalam acara deklarasi dukungan untuk Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Serang nomor urut 1, Ratu Ria Maryana-Subadri Ushuluddin, yang dilaksanakan oleh Generasi Merintis Kota Serang pada Rabu (9/10/2024).

“1.000 beasiswa setahun itu sudah termasuk program unggulan yang sudah kita rancang, saya dan pak Badri. Insyaallah yang kita yakini Pemerintah Kota Serang itu bisa membuat program tersebut,” katanya saat ditemui usai acara.
Ratu Ria menjelaskan alasan digagasnya program tersebut, karena dia ingin pemerataan pendidikan terjadi di Kota Serang.

Melalui program beasiswa itu Ratu Ria ingin, agar anak-anak yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu juga dapat mengenyam pendidikan yang layak hingga ke perguruan tinggi.

“Yang terpasti program ini kita khususkan untuk teman-teman atau masyarakat yang benar-benar sangat membutuhkan, baik dari segi perekonomian yang menengah ke bawah seperti itu,” ujarnya.

Selain ingin mewujudkan pemerataan pendidikan, melalui program tersebut juga Ratu Ria dan Subadri ingin agar sumber daya manusia (SDM) di Kota Serang berkualitas dan berdaya saing dengan daerah lain.

“Karena saya dengan pak Subadri ingin menciptakan sumberdaya atau SDM khususnya yang ada di Kota Serang lebih baik lagi untuk bisa berdaya saing kedepan, dan menciptakan ide-ide, atau inovasi gagasan untuk bisa memberikan sumbangsih nanti kedepannya khususnya untuk Kota Serang,” terangnya.

Kemudian dalam implementasinya, politikus Golkar itu menerangkan, program tersebut akan dijalankan dengan menggunakan alokasi anggaran yang berasal dari APBD Kota Serang. Dan dia meyakini bahwa meskipun pendapatan daerah Kota Serang terbilang kecil, namun berdasarkan kajiannya Kota Serang mampu untuk merealisasikan rencana program tersebut.

“Seperti yang tadi saya bilang yang pasti, saya pastikan kalau Kota Serang bisa membuat program tersebut,” ujarnya.

Kemudian sebagai bentuk persiapannya, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Serang periode 2018-2023 itu mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kota Serang terkait rencana implementasi program tersebut.
“Ini kita sudah jalin beberapa dengan perguruan tinggi swasta dan nanti kita akan komunikasikan lagi ke depan,” imbuhnya.

Selain menawarkan program beasiswa, Ratu Ria juga berjanji bakal memastikan ketersediaan kuota lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas di Kota Serang.

“Kita akan memastikan kuota untuk penyandang disabilitas itu ada di perusahaan-perusahaan swasta,” ujarnya.

Untuk bisa merealisasikan itu Ratu Ria rencananya akan menerbitkan semacam Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwal) yang mewajibkan seluruh tempat usaha atau perusahaan menerima kelompok penyandang disabilitas sebagai karyawannya.

“Kalau Perwalkan pemimpin daerah bisa juga kan. Nah itu mudah-mudahan bisa, dan nanti kita sosialisasikan dengan pengusaha-pengusaha yang ada di Kota Serang,” ucapnya.

“Mereka wajib menerima teman-teman disabilitas yang ada di Kota Serang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Generasi Merintis Kota Serang, Rizki Mubarok, menilai program-program kerja yang ditawarkan oleh Ratu Ria dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terjadi di Kota Serang.
“Banyak visi misi ataupun program kerja, khususnya di beasiswa pendidikan itu yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kota Serang,” katanya.

Di samping itu Rizki juga menaruh harapan kepada Ratu Ria, agar dirinya dapat selalu memperhatikan kebutuhan generasi muda yang ada di Kota Serang.
“Untuk kami sebagai anak muda Kota Serang berharap bu Ratu Ria selalu memperhatikan khususnya anak muda juga karena ini menjadi penerus untuk nanti keberlanjutan di Kota Serang,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News