Beranda Pemerintahan Musim Hujan, Masyarakat Diimbau Bersihkan Saluran Air untuk Cegah Banjir

Musim Hujan, Masyarakat Diimbau Bersihkan Saluran Air untuk Cegah Banjir

Banjir di wilayah Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Plt Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Ubaidillah Ansar mengajak masyarakat Kota Tangerang mulai melakukan gotong royong membersihkan saluran air di wilayah masing-masing untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan.

“Melihat beberapa hari ini, hujan sudah mulai mengguyur Kota Tangerang dengan intensitas rendah hingga sedang. Ini merupakan indikasi masuk ke musim penghujan, maka kita harus antisipasi jangan sampai terjadi penyumbatan, kemudian terjadi banjir,” imbau Ubaidillah, Jumat (27/9/2024).

Lanjutnya, urusan kebersihan atau mitigasi banjir bukan tanggung jawab pemerintah saja. Dengan itu, semua elemen dapat mengambil peran sesuai dengan kemampuannya.

Dimulai, dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan gorong-gorong atau saluran agar aliran air tidak terhambat, serta terus mencari informasi hal-hal apa yang dapat meminimalkan dampak bencana.

“Sejumlah OPD juga terus bergerak, seperti Disbudpar lewat Bidang Pertamanan yang terus melakukan pemangkasan pohon berpotensi tumbang, DPUPR melakukan normalisasi seluruh drainase di Kota Tangerang, serta petugas kebencanaan yang siap siaga 24 jam,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni juga mengimbau, masyarakat untuk waspada pada sejumlah penyakit di musim penghujan. Salah satunya, rentan terhadap demam berdarah (DBD).

Pasalnya, genangan air hujan dapat menciptakan habitat yang ideal bagi nyamuk Aedes Aegypti, pembawa virus penyebab DBD.

“Dengan itu, bersih-bersih rumah dan lingkungan adalah mitigasi paling tepat untuk menghindari penyakit DBD maupun bencana banjir,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News