Beranda Olahraga PSSI Bongkar Strategi Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

PSSI Bongkar Strategi Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Suporter Indonesia di mendukung timnas saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

JAKARTA – PSSI menegaskan ingin Timnas Indonesia lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Ketua Umum Erick Thohir pun membongkar strategi yang akan dipakai.

Timnas Indonesia saat ini menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di fase ini, dua tim teratas masing-masing grup bakal lolos otomatis ke Piala Dunia 2026, sementara empat besar bakal ke putaran keempat.

Skuad Garuda sejauh ini telah memulai perjuangan di putaran ketiga dengan positif. Mereka sudah mengumpulkan dua poin hasil dari menahan imbang Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

Perjuangan tim asuhan Shin Tae-yong untuk lolos ke Piala Dunia 2026 masih sangat panjang. Mereka masih akan menghadapi lawan-lawan tangguh yakni Bahrain, China dan Jepang.

Erick Thohir menjelaskan bahwa target Timnas Indonesia di sisa putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia adalah mengumpulkan 13 poin.

Dengan tambahan itu, Timnas Indonesia akan mengoleksi 15 poin dari 10 pertandingan Grup C dan secara matematis diyakini bisa finis di dua besar untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)
“Kita memerlukan 15 poin dari 10 pertandingan di Grup C,” ujar Erick Thohir kepada wartawan pada Sabtu (21/9/2024).

Timnas Indonesia saat ini menduduki urutan empat klasemen sementara Grup C dengan koleksi dua poin.

Garuda masih punya delapan pertandingan termasuk laga tandang-kandang kontra Bahrain, China dan Jepang, serta laga kandang kontra Arab Saudi dan tandang melawan Australia.

Demi mencapai target tersebut, PSSI terus memperkuat Timnas Indonesia dengan tambahan pemain naturalisasi. Terkini, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal segera menjadi WNI.

Mees dan Eliano dijadwalkan untuk menjalani sumpah WNI pekan depan. Setelahnya, mereka akan mengurus perpindahan asosiasi dari KNVB ke PSSI sebelum bisa menjalani debut.

Kedua pemain keturunan diharapkan sudah bisa tampil ketika Timnas Indonesia bertandang ke markas Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

“Dua pekan ke depan ini menjadi periode yang sangat penting,” kata Erick Thohir.

“Jadi tinggal mengangkat sumpah minggu depan,” tambahnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News