Beranda Peristiwa Warga Lebak Dihebohkan Fenomena Alam Ribuan Ikan Melompat ke Darat

Warga Lebak Dihebohkan Fenomena Alam Ribuan Ikan Melompat ke Darat

Warga saat menangkap ikan yang berloncatan ke darat. (foto tangkap layar).

LEBAK – Fenomena alam munculnya ribuan ikan yang terdampar ke darat terjadi di Pantai Pulomanuk, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, menjadi perhatian warga. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 29 Agustus 2024 malam.

Fenomena alam ikan naik ke darat tersebut dijadikan momen oleh warga sekitar untuk mengambil ikan dengan mudah, karena ribuan ikan yang melompat dari laut ke darat.

Ketua Balawista Kabupaten Lebak Erwin Komara Sukma mengatakan, kejadian ribuan ikan yang ke darat tersebut disebut warga sekitar rejeki nomplok.

“Fenomena alam tersebut bukan saja terjadi di Pantai Pulomanuk, tapi juga terjadi dibeberapa wilayah pantai, mulia dari Pulau Sumatera sampai Pulau Jawa baik Pantai Selatan maupun Pantai Utara,” kata Erwin saat dihubungi, Jumat (30/8/2024).

Ia mengungkapkan, ini merupakan fenomena alam akibat dari beberapa faktor diantaranya adanya perubahan pola arus laut dan juga proses ketika air dingin dan dalam naik ke permukaan.

“Akibat proses tersebut ikan pun naik kepermukaan untuk mencari oksigen. Termasuk juga ada kemungkinan adanya pergeseran lempeng di dasar laut yang menimbulkan getaran dan perubahan arus,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahkan ada sebagian warga juga yang menganggap bahwa itu tanda-tanda akan terjadi bencana di laut atau juga tanda-tanda gempa.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan adanya fenomena alam tersebut. Dan kepada petugas siaga bencana agar tetap untuk selalu memonitor situasi agar bisa selalu menjaga ketenangan masyarakat khususnya warga yang berada di kawasan pantai,” ucapnya. (San/Red)

 

Tags: fenomena alam, ikan, laut, Bayah, Pantai Pulomanuk.

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News