Beranda Politik KPU Banten Nyatakan Dokumen Pendaftaran Pasangan Andra-Dimyati Lengkap

KPU Banten Nyatakan Dokumen Pendaftaran Pasangan Andra-Dimyati Lengkap

Ketua KPU Banten Muhamas Ihsan menerima dokumen pendaftaran pasangan Andra-Dimyati. (Foto: Iyus/bantennews.co.id)

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menyatakan dokumen pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Gubenur dan Wakil Gubernur Banten, Andra Soni-A. Dimyati Natakusuma (Andra-Dimyati), sudah lengkap. Hal itu disampaikan Ketua KPU Banten Muhamad Ihsan usai menerima berkas pendaftaran pasangan tersebut di Kantor KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (29/8/2024).

Diketahui, pasangan Andra-Dimyati menjadi pasangan kedua yang mendaftar pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Sedangkan, satu hari sebelumnya, Rabu (28/8/2024), pasangan pertama yang mendaftar adalah Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi (Airin-Ade).

“Hari ini telah hadie pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Pak Andra Soni dan Pak Dimyati Natakusuma. Setelah dilakukan pengecekan dokumen pencalonan yang tadi sudah dilakukan dan dinyatakan lengkap,” ujar Ihsan.

Lebih lanjut, Ihsan mengatakan, KPU Banten akan menjadwalkan untuk tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani.

“Untuk lokasi (pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani) akan dilaksanakan di RSUD Banten,” katanya.

Saat ditanya kapan hasil pemeriksaan kesehatan diterima oleh KPU, Ihsan mengungkapkan, hasilnya akan disampaikan dari Tim Dokter sebelum 4 September 2024. “Hasilnya akan disampaikan sebelum 4 September,” ucapnya.

Ihsan juga menyebut jika hingga hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran bakal calon Gubenur dan Wakil Gubernur Banten hanya terdapat dua pasangan bakal calon yaitu Airin-Ade dan Andra-Dimyati.

Meski begitu, Ihsan mengaku, pihaknya masih melayani jika ada pasangan bakal calon yang akan mendaftar ke KPU.

“Sampai saat ini baru ada dua pasangan (Airin-Ade dan Andra-Dimyati). Tapi kami masih membuka dan melayani pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB, jika ada pasangan yang mendaftar” ujarnya.

Ihsan juga memastikan, Pilgub Banten 2024 tidak akan diikuti oleh calon perasorangan atau independen. “Tidak ada (calon) independen. Kan itu sudah proses panjang, kebetulan di Banten sejak tahapan perseoranamgan dibuka tidak ada yang daftar,” katanya.

“Sebagaimana diketahui (Pilgub Banten 2024) ada dua pasangan bakal calon. Kita akan melakukan verifikasi administrasi dan tahapan selanjutnya itu pengundian dan penetapan pasangan calon,” sambungnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News