Beranda Olahraga 5 Rekor Pecah usai Veddriq dan Rizki Juniansyah Raih Emas Olimpiade Paris...

5 Rekor Pecah usai Veddriq dan Rizki Juniansyah Raih Emas Olimpiade Paris 2024

Rizki Juniansyah menyumbang medali emas kedua bagi Indonesia usai tampil impresif dalam cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg putra pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

BANTEN – Tim Indonesia mengukir prestasi gemilang di Olimpiade Paris 2024 meski sempat terseok-seok dalam upaya mengumpulkan medali. Setidaknya empat rekor dipecahkan Indonesia usai Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah meraih medali emas.

Veddriq Leonardo berhasil mempersembahkan medali emas petama bagi tim Indonesia lewat cabang olahraga panjat tebing nomor speed putra pada Kamis (8/8/2024).

Di laga final, atlet 27 tahun itu mengalahkan jagoan China, Wu Peng. Dia mencatatkan waktu 4.75 detik alias cuma unggul 0,02 detik dari rivalnya.

Sementara itu, Rizki Juniansyah menyumbang medali emas kedua bagi Indonesia usai tampil impresif dalam cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg putra pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Tampil di South Arena Paris, Prancis, Rizki menjadi yang terbaik setelah total angkatan 354kg. Dia mengungguli atlet Thailand Weeraphon Wichuma yang harus puas meraih perak dengan total angkatan 345kg.

Di angkatan snatch, Rizki mampu mengangkat beban seberat 155kg, sementara di clean and jerk, dia berhasil mengangkat beban 199kg.

Sebelum mendapat dua medali emas dari Veddriq dan Rizki, tim Indonesia sudah lebih dulu meraih satu medali perunggu melalui pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Menyitat laman resmi Olimpiade Paris 2024, perolehan itu membuat posisi tim Indonesia melesat naik ke peringkat 28 dalam klasemen sementara Olimpiade Paris 2024 hingga Jumat (9/8/2024) pukul 04.00 WIB.

 

Berikut 5 Rekor yang Dipecahkan Indonesia di Olimpiade Paris 2024

 

– Untuk pertama kali sejak Barcelona 1992, Indonesia mampu meraih setidaknya 2 medali emas dalam satu edisi Olimpiade.

– Veddriq Leonardo menjadi pemanjat tebing Indonesia pertama yang meraih medali emas Olimpiade.

– Veddriq Leonardo adalah atlet panjat tebing pertama yang meraih emas Olimpiade di nomor speed putra yang dipertandingkan pertama kali di Olimpiade Paris 2024.

– Catatan 199kg yang dibuat Rizki Juniansyah menjadi rekor clean and jerk di Olimpiade.

– Rizki menjadi atlet angkat besi Indonesia pertama yang berhasil meraih medali emas Olimpiade. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News