Beranda Kesehatan Balita di Lebak Alami Penyakit Lumpuh Otak

Balita di Lebak Alami Penyakit Lumpuh Otak

Penderita lumpuh otak dan ibunya. (IST)

LEBAK – Ahlam Zulfadli Firdaus (5) anak dari Yaumul Lailiyah warga Kampung Cipasung, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, kondisinya sangat memprihatinkan karena mengalami penyakit lumpuh otak.

Yaumul Lailiyah ibu dari balita, mengakui bahwa kondisi yang dialami anak pertamanya itu dimulai saat berumur dua bulan. Ahlam pernah mengalami kejang-kejang hingga akhirnya didiagnosis mengalami lumpuh otak setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

“Jadi waktu umur dua bulan pernah panas kejang-kejang lalu dibawa ke rumah sakit, dan dari rumah sakit anak saya pun dirawat dan didiagnosis mengalami lumpuh otak,” kata Yaumul Lailiyah , Kamis (27/6/2024).

Ia mengungkapkan, kondisi anaknya saat ini hanya bisa duduk dan tidur karena mengalami kelumpuhan. Bahkan, setiap hari anak pertamanya tersebut, hanya menghabiskan waktu di tempat tidur.

“Keseharian anak saya, cuma bisa duduk tidur dan untuk makan pun harus disuapin. Intinya sudah tidak bisa apa-apa,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, dr. Budhi Mulyanto mengatakan jika balita yang memiliki nasib malang tersebut diawali dengan adanya kelainan saat hamil. Dan akhirnya harus mengalami penyakit lumpuh otak.

“Diagnosis cerebral palsy, ada hubungannya dengan saat kehamilan sampai persalinan. Jadi bisa dianggap ada faktor genetik/bawaan,” ucap Budhi saat dihubungi, Kamis (27/6/2024).

Ia menambahkan, jika memang ngin mengetahui terkait diagnosis penyebab detailnya harus dibawa ke rumah sakit yang memiliki peralatan lengkap. Terkait dengan penanganan yang dilakukan saat ini, harus melakukan fisioterapi agar kondisi si anak bisa membaik.

“Sedangkan penanganan yang bisa dilakukan adalah fisioterapi secara rutin dan perbaikan gizi,” katanya.

(San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News