Beranda Politik Bawaslu Pandeglang Berhentikan Puluhan Anggota Panwascam

Bawaslu Pandeglang Berhentikan Puluhan Anggota Panwascam

Koordinator Divisi Sumberdaya Manusia pada Bawaslu Pandeglang Lina Herlina (kedua dari kiri) saat melakukan jumpa pers di Kantor Bawaslu Pandeglang

PANDEGLANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang membatalkan hubungan kerja dengan 27 orang yang sebelumnya menjabat sebagai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pembatalan hubungan kerja itu lantaran orang-orang tersebut tidak lulus evaluasi kerja.

Seperti yang diketahui, Bawaslu Pandeglang membuka rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024 ini dengan 2 metode. Metode pertama, Panwascam yang masih menduduki menjabatnya dilakukan evaluasi kinerja langsung oleh Bawaslu dan bagi Panwascam yang tidak lulus maka Bawaslu tidak akan memperpanjang kerjasama mereka.

Sedangkan metode kedua yang digunakan yakni dengan cara seleksi dan mengikuti beberapa tahapan, metode ini dilakukan bagi pendaftar Panwascam baru yang akan menduduki posisi Panwascam kosong di masing-masing kecamatan.

Dari 105 Panwascam se-Kabupaten Pandeglang, 27 orang diantaranya tidak lulus evaluasi kinerja dan terpaksa diputus hubungan kerja oleh Bawaslu Pandeglang. Sedangkan 78 orang diantaranya akan menduduki kembali jabatan mereka.

Koordinator Divisi SDM pada Bawaslu Pandeglang, Lina Herlina mengatakan, dari hasil evaluasi kinerja yang sudah dilakukan sebanyak 27 orang diantaranya dinyatakan tidak lulus penilaian protfolio dan penilaian unsur pimpinan.

“Untuk penilaian portfolio nilainya 40 persen dan penilaian pimpinan nilainya sebesar 60 persen. Bobot nilai dari dua sistem penilaian itu mencapai 100 persen, maka Panwascam itu lolos, tapi kalau tidak memcapai 100 persen ya tidak lolos,” kata Lina, Senin (6/5/2024).

Lina mengaku, pihaknya sudah membuka pendaftaran bagi anggota Panwascam baru yang dibuka 5 Mei kemarin dan akan ditutup 7 Mei 2024 besok. Nantinya, para pendaftar baru ini akan mengikuti beberapa tahapan mulai dari seleksi administrasi, seleksi tulis/CAT dan seleksi wawancara langsung.

Ia menambahkan, jika minat warga Pandeglang untuk menjadi anggota Panwascam cukup tinggi, hak itu dilihat dari banyaknya pendaftaran yang datang ke Bawaslu Pandeglang.

“Mulai hari Minggu kemarin kita buka pendaftaran dan akan ditutup pada tanggal 7 Mei 2024. Sekarang juga sudah ada beberapa orang yang mendaftar,” ucapnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News