Beranda Peristiwa Pemudik Sesak Napas di Dermaga VII Pelabuhan Merak

Pemudik Sesak Napas di Dermaga VII Pelabuhan Merak

Anggota kepolisian membantu pemudik yang alami sesak nafas di Pelabuhan Merak. (IST)

CILEGON – Aksi sigap dilakukan personel Polda Banten dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Anggota Bidhumas Polda Banten melakukan evakuasi cepat ketika ada insiden darurat kesehatan, Minggu (14/4/2024).

Saat itu, seorang pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua menghampiri polisi yang sedang berjaga di gerbang transit dermaga VII. Pemudik itu sangat membutuhkan penanganan medis.

“Seorang perempuan mengalami gejala sesak napas setelah turun dari kapal penyebrangan menuju dermaga,” ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto.

Dengan sigap, kata ia, petugas kepolisian segera berkoordinasi dengan tim kesehatan ASDP Merak untuk memberikan tindakan medis secepatnya.

“Dengan segera saat salah satu pemudik yang baru tiba di dermaga VII mengalami sesak napas setelah turun dari kapal penyebrangan,” katanya.

Untuk memastikan evakuasi pasien, dilakukan dengan lancar dan cepat, anggota Polda Banten memberikan pengawalan kepada pemudik untuk dibawa ke Pos Kesehatan terdekat.

Didik menjelaskan, langkah ini diambil mengingat volume kendaraan yang meningkat dan ramai saat melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni Lampung menuju pelabuhan Merak . “Dalam kondisi ini, kami harus memastikan pasien segera mendapatkan pertolongan yang tepat,” terangnya.

Menurut Didik, saat ini, kondisi perempuan tersebut masih dalam perawatan intensif di Pos Kesehatan ASDP Merak. “Penanganan cepat tersebut, sebagai langkah yang menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat,” tegasnya.

Didik mengatakan Dengan koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait, diharapkan penanganan darurat seperti ini dapat dilakukan dengan efektif dan efisien untuk menyelamatkan nyawa dan memberikan bantuan dalam segi pelayanan kesehatan.

“Evakuasi tersebut merupakan bagian dari upaya Polda Banten dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat selama musim mudik lebaran,” tutupnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News