Beranda Pemilu 2024 Surat Suara Pilpres Hilang 1 di TPS 05 Kota Serang, KPPS: Ada...

Surat Suara Pilpres Hilang 1 di TPS 05 Kota Serang, KPPS: Ada Pemilih yang Salah Masukan

Petugas KPPS TPS 05 melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pilpres. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Proses penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 05, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Rabu (14/2/2024), sempat dihentikan sementara. Hal itu lantaran dalam proses penghitungan suara Pilpres, terdapat satu surat suara hilang.

Informasi yang dihimpun, ketika dilakukan penghitungan suara Pilpres terdapat 1 surat suara hilang. Pengawas TPS (PTPS) yang langsung disupervisi Bawaslu Kota Serang langsung meminta KPPS menghentikan proses penghitungan. Dalam kotak surat suara pilpres juga ditemukan adanya surat suara DPD RI.

Ketua KPPS 05, Fauzi membenarkan adanya satu surat suara pilpres yang holang dan diduga tertukar saat memasukan surat suara ke dalam kota suara.

“Dugaannya salah memasukan surat suara yang harusnya ke kota suara pilpres malah ke kotak suara yang lain. Tapi hal itu sudah selesai. Surat suara Pilpres yang tadinya hilang sudah ditemukan,” kata Fauzi saat ditemui.

Terkait surat suara yang sempat hilang, Fauzi mengaku, hal itu dikarenakan banyak pemilih lanjut usia (Lansia).

“Jadi pas mau diarahkan malah sudah memasukan sendiri. Tapi itu sudah selesai (ditemukan),” katanya.

Secara umum, lanjut Fauzi, proses pemungutan suara di TPS 05 tidak mengalami kendala. “Proses pemungutan suara lancar. Saksi-saksi juga ada, Pengawas TPS juga ada,” katanya singkat.

Diketahui, total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 05 sebanyak 299 orang, sedangkan daftar pemilih tambahan (DPTb) sebanyak empat orang dan daftar pemilih khusus (DPK) sebanyak tiga orang. Sedangkan pemilih yang menggunakan hak suaranya sebanyak 277 orang.

Di TPS 05 merupakan lokasi tempat Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabarenggunakan hak pilihnya.

Sementara, untuk pwrolahan suara pilpres di TPS tersebut, pasangan calon (paslon) 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli perolehan suara yaitu sebanyak 198 suara.

Sedangkan paslon 01, Anies R Bawsedan-Muhaimin Iskandar meraih 39 suara dan paslon 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 29 suara. Surat suara yang tisak sah sebanhak 1e lembar dan surat suara yang tidak terpakai 26 lembar.

Hingga berita diturunkan proses penghitungan suara di seluruh TPS di Banten terus dilakukan. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News